5 Upaya Turunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan kolesterol merupakan salah satu upaya penting dalam menyehatkan jantung. Lima hal yang perlu Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol :

1. Konsumsi Serat Psyllium
Cara tersederhana dalam menurunkan kolesterol yaitu dengan memperbanyak asupan serat dalam makanan Anda, tetapi tidak sembarang serat. Dapatkan serat kental dan mudah larut seperti psyllium yang terbukti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL karena bentuknya yang seperti gel tebal. Tak hanya kolesterol, psyllium juga bisa mengatasi asam empedu dan kotoran dalam usus.

2. Pakailah Pedometer dan Tingkatkan Aktivitas Harian
Anda akan kagum bila sadar berapa banyak langkah yang bisa diraih dalam satu hari. Coba ambil pedometer dan lihatlah angka yang bergulir saat Anda melakukan aktivitas sederhana seperti menaiki tangga, berjalan menuju tempat kerja, atau sekedar berjalan-jalan di depan rumah. Ini tentu juga bisa meningkatkan aktivitas fisik Anda untuk lebih menyehatkan jantung. Ketahui kemajuan Anda dari gerakan sederhana sehingga bisa menjadi motivasi lebih dalam menyehatkan jantung.

3. Berolahraga
Gaya hidup sehat membutuhkan motivasi, dorongan, dan seorang teman untuk dukungan. Carilah teman untuk latihan dan saling mendukung dalam tantangan menurunkan kolesterol Anda. Berjalan bersama-sama dan saling beri dorongan untuk mencoba aktivitas fisik baru guna memompa jantung dan menjaga kadar kolesterol. Teman yang humoris dan mampu membuat Anda sering tertawa juga baik karena tertawa juga bisa menyehatkan jantung.

4. Waspadai Gula dan Lemak
Jadilah seorang pemakan yang pintar. Ketahui terlebih dahulu bahan-bahan dalam makanan Anda dengan membaca label produknya. Gula buatan dan lemak jenuh bisa menambah berat badan Anda, otomatis kadar kolesterol pun meningkat. Maka itu, coba hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula seperti sirup jagung,fruktosa, atau dekstrin.

5. Tambahkan DHA
DHA adalah singkatan dari docosahexaenoic acid, yakni asam lemaktak jenuh ganda. Asupan DHA secara teratur dapat membantu fungsi jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kadar kolesterol sehat HDL. DHA bisa ditemukan pada ikan salmon, sarden, dan tuna. Jika Anda bukan penggemar seafood, coba suplemen minyak ikan.

10 Makanan AntiKolesterol | Testimonial

This entry was posted in Stroke. Bookmark the permalink.