Apakah Adanya Tremor Berarti Menderita Penyakit Parkinson?

Tremor adalah goyangan tak terkendali dari sekelompok otot mengakibatkan gerakan lengan atau utngkai. Pada tremor, setiap goyangan menyerupai goyangan sebelumnya; goyangan itu bersifat ritmis. Akan tetapi, frekuensi dan amplitudo dari tremor berbeda dari satu penyakit ke panyakit lain. Tremor dapat diklasifikasikan sebagai ringan (halus dan nyaris tidak terlihat), ringan sampai sedang (terlihat namun tidak terus-menerus), sedang (terlihat dan terjadi hampir sepanjang waktu), atau nyata (amplitudo tinggi dan terjadi hampir sepanjang waktu). Essential tremor (ET atau tremor dasar), gangguan hiper kinetik, sebenarnya gangguan gerakan paling umum daripada parkinson. Akan tetapi, kurang dari 2% orang yang menderita ET mempunyai gejala-gejala ketidakmampuan secara memadai yang memerlukan pengobatan.

Tremor dari Et biasanya dapat, tetapi tidak selalu, dibedakan dari tremor parkinson. Pada umumnya, tremor dari ET dimulai di kedua tangan secara serentak, sedangkan tremor parkinson biasanya mulai hanya di satu tangan. Tremor dr ET adalah tremor mempertahankan suatu postur, tremor yang muncul ketika Anda mnahan tangan di depan Anda, membuat otot lengan atas mengerut sambil mempertahankan suatu postur. ET juga adalah tremor aksi, atau kinetik; tremor yang muncul ketika Anda menggerakkan atau menggunakan tangan Anda. Pada awalnya ET mungkin mengganggu atau membuat malu, namun tidak membuat penderitanya tidak mampu. Akan tetapi, setelah beberapa tahun, ET mungkin membuat tidak mampu dan melemahkan atau membatasi aktivitas setiap hari seperti berpakaian, makan, mencukur jenggot dan kumis, serta menulis. Walaupun tremor mempertahankan suatu postur merupakan ciri khas ET, tremor serupa dialami oleh 20% pasien parkinson. Pada parkinson, tremor postur dimulai di satu tangan. Pasien parkinson mungkin mengalami tremor sewaktu istirahat dan postural. Tremor seperti itu disebut tremor kompleks atau gabungan. Kalau tremor mempertahankan postur muncul di satu tangan, tanpa gejala-gejala lain dari parkinson, mungkin sulit untuk memperkirakan apakah tremor akan melibatkan parkinson atau ET. Pada beberapa orang ET berubah menjadi parkinson, dan dalam beberapa keluarga ada anggota penderita Rt, penderita parkinson, serta penderita ET dan parkinson. Akan tetapi, saat ini belum cukup data untuk mengatakan apakah ET dan parkinson berkaitan.

Tremor fisiologis adalah tremor yang muncul pada setiap orang, tremor yang muncul dengan stres, demam, atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Tremor ET dan tremor fisiologis diduga muncul dari aktivitas berlebihan dari “sirkuit tremor” di wilayah otak di bawah basal ganglia. Banyak ahli merasa yakin ET adalah bentuk tremor fisiologis yang berlebihan, tremor yang tidak menghilang. Ahli yang lain yakin ET dan tremor fisiologis terpisah dan berbeda.

Minum minuman keras satu atau dua gelas kecil mungkin membantu ET, diduga dengan menekan sirkuit tremor. Akan tetapi, alkohol biasanya tidak membantu tremor parkinson. Peringatan: penggunaan alkohol berlebihan atau penyalahgunaannya, akhirnya dapat memperparah ET. Dan berhenti minum alkohol setelah menjadi pecandu alkohol dapat menyebabkan tremor: tremor karena berhenti minum alkohol. Apakah tremor penyalahgunaan lakohol dan berhenti minum alkohol adalah tremor terpisah atau tremor fisiologis atau tremor ET yang menjadi hebat, saat ini belum diketahui.

Tremor distonik merujuk pada tremor yang muncul di tangan, tungkai, atau leher yang distonik: gangguan ketika otot atau kelompok otot mengerut secara abnormal, tonus meningkat, dan gerakannya berbahaya. Sewaktu satu set otot mengerut, otot yang berlawanan juga mengerut, bukan mengendur, jadi seolah-olah otot Anda saling “berperang”. Tremor distonik adalah spesifik untuk suatu tugas: tremor ini muncul ketika Anda berusaha melakukan tugas spesifik seperti menulis, bermain alat musik, melemparkan bola, atau memukul bola golf (yang dapat disebut the “yips”). Keadaan ini seolah-olah tugas tertentu menjadi “dipelajari berlebihan” dan tidak dapat dilakukan ketika Anda ingin melakukannya. Tremor distonik mungkin terjadi secara independen dari gangguan lain atau, jarang, mungkin muncul sebagai bagian dari parkinson. Pengoabtan tremor distonik adalah suntikan Botox ke otot yang mengalami kontraksi berlebihan.

Tremor dapat juga disebabkan oleh beberapa gangguan atau obat. Tremor seperti itu diduga merupakan tremor fisiologis normal yang berlebihan disebabkan oelh sirkuit tremor yang terlalu aktif. Tremor ini bilateral, di kedua tangan, dan merupakan tremor postur, mempertahankan posisi, atau tremor aksi, bukan tremor ketika sedang istirahat, juga tidak berhubungan dengan kekakuan atau bradikinesia. Tremor ini berkaitan dengan gejala-gejala lain dari gangguan, atau berkaitan dengan gejala-gejala lain dari gangguan, atau berkaitan dengan waktu kapan mulainya untuk tremor yang disebabkan oleh obat. Tremor ini menghilang kalau gangguan itu diobati atau setelah obat penyebabnya dihentikan. Obat-obat yang umumnya menyebabkan tremor adalah sebagai berikut :

* Amiodarone atau Cordarone – digunakan untuk mengatur detak jantung
* Dolbutamine – digunakan di rumah sakit untuk mempertahankan tekanan darah dan aliran darah
* Ephedrine dan Phenylephrine – pelega napas
* Haloperidol atau Haldol – digunakan untuk mengendalikan tingkah laku abnormal seperti skizofrenia
* Lidocaine – obat anestetik lokal juga digunakan di rumah sakit untuk mengatur denyut jantung
* Lithium – digunakan untuk mengobati gangguan bipolar
* Metoclopramide atau Reglan – digunakan untuk mengatur gerakan lambung
* Valproic acid atau Depakote – obat anti serangan epilepsi digunakan untuk mengobati epilepsi dan gangguan bipolar

Perbedaan antara Penyakit Parkinson dan Parkinsonisme | Apa yang Disebut Gangguan Gerakan Hiperkinetik?

This entry was posted in Parkinson. Bookmark the permalink.