Apakah Kanker Lazim Pada Penderita Lupus?

Apakah obat immunosuppressive seperti Imuran yang menyebabkannya?

Memang banyak pasien lupus yang prihatin dengan resiko kanker setelah minum obat-obatan lupus untuk jangka panjang atau minum obat-obat immunosuppressive seperti Imuran selama beberapa tahun. Sebuah penelitian yang melibatkan 10.000 pasien lupus menemukan bahwa resiko pengembangan kanker, terutama berhubungan dengan non-Hodgkin’s lymphoma yang memengaruhi sistem limfe, kanker paru, dan kanker hati dan saluran air empedu. Merokok meningkatkan resiko kanker pada pasien lupus, seperti juga pada orang sehat. Sejauh ini, belum ada bukti yang nyata adanya hubungan antara Imuran dengan kanker pada pasien lupus.

Namun ada penelitian yang menyatakan bahwa pasien lupus yang minum kortikosteroid setiap hari, dengan dosis lebih dari 10 mg per hari, maka resiko infeksi meningkat. Namun minum kortikosteroid dengan dosis yang sama yang diminum tiap dua hari (bukan setiap hari), maka peningkatan resiko infeksi berkurang. Tentu saja minum obat dua hari sekali tidak menjamin bisa mengontrol lupus yang aktif, karena obat seharusnya diminum setiap hari.

Obat-obat lainnya yang digunakan untuk lupus kondisi sedang sampai parah, seperti azathioprine (Imuran), mycophenolate mofetil (CellCept), dan cyclophosphamide (Cytoxan), lebih meningkatkan infeksi dibanding penyakit lupus itu sendiri. Sebagai contoh, berjangkitnya Herpes zoster sepanjang saraf dan sangat menyakitkan, yang meningkat, disebabkan pengobatan dengan immunossuppresive. Pada umunya, makin parah lupus, makin tinggi resiko infeksi. Sebagian disebabkan turunnya daya tahan tubuh dan sebagian lagi disebabkan pengobatannya. Sebaliknya obat lupus anti-malaria (hydroxychloroquine, Plaquenil, obat yang paling umum yang diresepkan dokter untuk pasien lupus), diketahui tidak meningkatkan infeksi.

Resiko infeksi tersebut bisa dikurangi. Memang ada strategi untuk mengurangi resiko infeksi. Caranya, Anda harus mematuhi jadwal vaksinasi, termasuk Pneumovax untuk melindungi dari pneumococcal pneumonia. Anda harus disuntik antiflu setiap tahun, dan Anda sebaiknya minta dokter untuk segera memberikan resep ketika gejala mulai tampak / terasa. Jika Anda minum dosis tinggi bat-obat immunisuppressive dan/atau prednison, mintalah kepada dokter untuk obat-obat yang dapat menangkal pneumocystis pneumonia.

Jika Anda sering menderita infeksi saluran kemih, ada antibiotik yang dapat diminum satu kali menjelang tidur dan alat (agent) yang mengubah kondisi asam dalam urine yang efektif mengurangi infeksi pada saluran kemih. Jika Anda menderita paparan virus herpes atau ulkus di mulut atau bibir, atau di wilayah kelamin, diskusikan untuk mendapat pengobatan antiviral. Jika Anda terekspos penyakit tuberculosis, Anda sebaiknya melakukan tes kulit (PPD test (tuberculin)) dan minum antibiotik anti-tuberkulosis selama enam bulan, jika hasil tes jelas positif. Akhirnya, jika mungkin jauhi orang-orang yang sedang batuk pilek atau sedang menderita infeksi yang mudah menular. Tentu saja Anda tidak mungkin bersikap drastis menjauhi mereka, tapi lakukan dengan bijak.

Pengobatan SLE | Manfaat IVIg Bagi Pasien Lupus dengan Kondisi Sistem Imun Lemah

This entry was posted in Lupus. Bookmark the permalink.