Apakah Menopause Menyebabkan Pasangan Kehilangan Minat Seksual?

Bukan begitu, kecuali jika Anda sering mengeluh vagina yang kering dan sakit jika melakukan hubungan seksual. Apakah selama ini hubungan Anda dengan pasangan memang sudah terjalin dengan baik? Apakah selama ini Anda berdua bahagia? Nah, kalau jawabannya iya, maka Anda perlu mencari penyebabnya. Barangkali ia sedang mengalami stres di tempat kerjanya. Atau sedang mempunyai masalah yang sulit dicari jalan keluarnya. Bicarakanlah secara terbuka dan carilah upaya untuk mengatasinya.

Kemungkinan kedua, hubungan Anda dengan pasangan memang sudah rapuh selama bertahun-tahun. Dan menopause hanyalah alasan untuk membenarkan situasi yang Anda alami ini.

Ada kemungkinan lain, yaitu penyakit walaupun tidak berkaitan secara langsung. Jika pasangan Anda menderita diabetes atau sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi, ia bisa saja kehilangan libido. Diabetes bisa menyebabkan impotensi pada sejumlah pria, sedangkan operasi prostat juga bisa menyebabkan masalah seksual walaupun tidak menyebabkan impotensi. Dan jika pasangan Anda mengidap penyakit jantung, mungkin ia akan ragu melakukan hubungan seksual.

Jadi, bagaimana pun, kehidupan seksual kita tidak bergantung pada menopause, tetapi pada kesehatan tubuh dan vitalitas hidup kita.

Menjaga Massa dan Kesehatan Tulang | Kecenderungan Suami Berselingkuh Saat Istri Menopause

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.