Apakah Olahraga Membuat Migrain Menjadi Lebih Baik atau Buruk?

Olahraga mungkin merupakan salah satu dari cara yang paling sederhana dan mudah untuk meningkatkan kesehatan Anda. Mungkin tidak ada penyakit yang tidak dapat memanfaatkan olahraga untuk membuatnya lebih baik. Olahraga sangat bermanfaat untuk dampak kardiovaskular dan membantu program penurunan berat badan. Hal itu juga akan membantu Anda merasa lebih baik dan relaksasi serta memperbaiki kualitas tidur. Olahraga meningkatkan serotonin, tingkat serotonin yang rendah dianggap memainkan peran dalam mengawali migrain. Olahraga juga meningkatkan produksi endorfin, yaitu zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dalam mengurangi nyeri dan meningkatkan kenyamanan. Diyakini bahwa olahraga secara teratur, akan meningkatkan pelepasan endorfin dan serotonin, yang mungkin menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

Tanyakan pada dokter Anda terlebih dahulu sebelum memulai program olahraga apa pun, dan bangun rutinitas tersebut dengan perlahan-lahan. Kami merekomendasikan kepada pasien supaya mereka mulai dengan program berjalan santai yang sederhana, dengan target yang mudah dicapai. Jangan melakukan secara berlebihan, lantaran terlalu bersemangat.

Sayangnya, olahraga dapat benar-benar memperburuk migrain jika Anda melakukannya pada awal fase sebuah serangan. Segera setelah Anda merasakan migrain, maka olahraga akan membuatnya lebih memburuk. Bahkan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan di tangga atau membawa barang-barang seperti belanjaan, dapat membuat pembuluh darah melebar dan membuatnya melepaskan zat kimia yang mengawali rasa sakit yang menukik. Sehingga, jika Anda merasakan serangan migrain akan datang, sangat bijak untuk tidak mulai berolahraga. Untuk menurunkan risiko olahraga yang menimbulkan sakit kepala, termasuk migrain, mungkin Anda bisa mengkonsumsi ibuprofen sebelum berolahraga. Indomethecin, yang harus menggunakan resep dari dokter, mungkin juga dapat melindungi Anda dari olahraga yang menimbulkan sakit kepala.

Jika Anda mengetahui bahwa cuaca memengaruhi kapan Anda mengalami sakit kepala, Anda tidak sendiri. Perubahan dari tekanan barometer dan peningkatan kelembaban merupakan dua faktor lingkungan yang tampaknya dapat memicu migrain. Sinar matahari yang terang dan angin dingin juga seringkali disebut sebagai faktor pendahulu sakit kepala atau migrain, sebagaimana kerlip lampu neon, serbuk sari, jamur dan zat pelarut.

Periksalah lingkungan fisik Anda untuk mengetahui pemicu potensial atau yang mungkin terlewatkan. Sementara banyak dari faktor ini yang berada di luar kontrol Anda, mengetahui dampak potensial tersebut dapat meyakinkan Anda jika bermasalah oleh migrain yang tidak dapat dijelaskan.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Migrain | Obat-obatan Tertentu Menyebabkan Migrain

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.