Apakah Produk Susu Menyebabkan Peningkatan Mukus pada Orang yang Memiliki Asma, Khususnya Anak-anak?

Susu tidak menyebabkan produksi mukus meningkat, juga bukan dianggap sebagai pemicu asma. Konsumsi susu tidak berpengaruh pada kapasitas paru-paru, baik merugikan atau menguntungkan. Ini adalah mitos bahwa susu bagaimanapun berbahaya bagi anak-anak dengan asma. Penelitian terbaru mengenai dampak konsumsi susu pada penderita asma yang diterbitkan dalam edisi Desember 2005 The Journal of the American College of Nutrition menyimpulkan :

Penderita asma kadang-kadang disarankan untuk menjauhkan diri dari mengkonsumsi produk susu, namun penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu tidak secara signifikan mengubah parameter berbagai fungsi paru … Rekomendasi untuk menjauhkan diri dari produk susu karena keyakinan bahwa produk susu menginduksi gejala asma yang tidak didukung oleh bukti penelitian mengenai hubungan antara konsumsi susu dan terjadinya asma. Selanjutnya, secara umum, tidak ada bukti untuk menjelaskan mekanisme dasar yang menghubungkan susu dan asma. Oleh karena itu, orang dengan asma tidak perlu menghindari konsumsi produk susu untuk mengendalikan gejala.

Susu dapat, bagaimanapun, menjadi penyebab alergi pada anak-anak yang peka. Alergi susu sapi sebenarnya merupakan alergi makanan dan karena alergi terhadap konstituen protein susu. Seperti alergi makanan lainnya, alergi susu biasanya bermanifestasi sebagai gejala gastrointestinal atau reaksi kulit seperti hives atau eksema, pilek, tetapi bukan mukus yang meningkat. Jika Anda menduga bahwa susu tidak cocok dengan anak Anda, bawa hal itu ke dokter Anda. Jangan secara otomatis menghilangkan susu dan produk susu dari diet anak tanpa konsultasi medis dan saran.

Anak yang sedang tumbuh membutuhkan kalsium dalam diet mereka untuk meningkatkan kesehatan tulang dan perkembangan yang tepat. Selain kalsium, produk susu merupakan sumber makanan yang signifikan dari beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk protein, riboflavin, dan vitamin A dan B12. Anda harus mempertimbangkan untuk mengevaluasi kemungkinan anak Anda alergi susu jika Anda mempunyai kekhawatiran tentang susu dan produk susu yang mempengaruhi asma mereka. Jika anak Anda alergi terhadap susu, pengobatannya termasuk menghindari produk susu. Dokter Anda akan membantu Anda dalam memodifikasi diet anak Anda tanpa membahayakan status nutrisinya.

Mengi pada Anak | Mengi pada Infant dan Bayi

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.