Asam Urat

Zaman sekarang ini, ilmu kedokteran berkembang pesat dan penelitian telah begitu banyak. Namun, buah karya para ilmuwan itu kurang populer ditengah-tengah masyarakat kita. Hal ini disebabkan oleh masalah komunikasi dan informasi serta pemahaman yang kurang benar dalam masyarakat kita tentang suatu penyakit. Pemahaman yang keliru ini mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain dan diturunkan dari generasi ke generasi sehingga terlanjur melekat kuat dan sulit diubah.

Asam urat, penyakit radang sendi yang satu ini sering disalahartikan. Rasa pegal-pegal di betis atau rasa tidak enak di jemari tangan, semua disebut sebagai “asam urat”. Akibatnya, obat-obatan yang dipakai pun disamakan, dipukul rata. Kalau tetangganya jadi enakan karena obat tertentu, kita ikut-ikutan. Padahal, pegal-pegal belum tentu disebabkan oleh asam urat.

Pemahaman yang kurang benar ini bisa berdampak besar. Penggunaan obat-obatan yang tidak sesuai indikasi ini justru menimbulkan masalah. Obat memang memiliki manfaat untuk membantu tubuh berperang dengan penyakit, tetapi bila digunakan dengan tidak benar, justru efek sampingnya yang muncul. Efek samping inilah yang semakin memperparah penyakit dan semakin menjauhkan penderita dari kesembuhan.

Kosakata “asam urat” di masyarakat kita sering disamakan dengan rasa tidak enak yang disebabkan gangguan saraf atau otot. “Asam urat” adalah terjemahan dari kata uric acid. Adapun uric ini berarti “sesuatu yang berasal dari urin atau air seni”. Asam urat memang ditemukan di air seni pada penderita yang memiliki radang sendi.

Inilah tantangan untuk semua orang. Bukan hanya para dokter dan praktisi kesehatan yang lain, tetapi juga mahasiswa, perangkat desa, pamong desa, pejabat, untuk terus meluruskan isu-isu kesehatan yang terlanjur bengkok di masyarakat.

Pembahasan akan dikhususkan pada penyakit radang sendi akibat penumpukan asam urat, yang secara medis umum disebut sebagai gout. Inilah asam urat yang sebenarnya: artritis gout.

Purtier | Sepuluh Mitos tentang Gout dan Asam Urat

This entry was posted in Asam Urat. Bookmark the permalink.