Asma pada Anak-anak

Asma bukanlah penyakit menular. Asma tidak dapat ditularkan dari orang ke orang, juga tidak dapat menyebar di antara manusia. Ingat, pada asma terdapat suatu komponen yang diturunkan untuk berkembangnya asma dan sudah ditetapkan bahwa kecenderungan berkembangnya asma terjadi dalam keluarga.

Jika salah satu orang tua memiliki asma atau alergi tertentu, seorang anak memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan asma dan/atau alergi dibandingkan anak dengan orang tua yang tidak memiliki asma atau alergi. Kemungkinan berkembangnya asma pada anak meningkat lebih lanjut bila kedua orang tua memiliki asma. Peranan faktor genetik dan pola penurunan asma tidak diketahui dengan baik, dan faktor genetik yang diturunkan saja jauh dari keseluruhan cerita. Faktor lingkungan jelas memainkan peranan dalam pengembangan asma. Jika anak Anda memiliki asma, dan Anda kemudian didiagnosis dengan asma juga, ini tidak berarti bahwa Anda entah bagaimana “tertular” asma dari anak Anda, melainkan, diagnosis asma Anda mencerminkan faktor genetik dan lingkungan umum untuk Anda dan anak Anda.

Anak laki-laki banyak menderita asma daripada anak perempuan. Pada anak-anak yang lebih kecil, anak laki-laki hampir dua kali lebih mungkin daripada anak perempuan untuk mengembangkan asma. Menariknya, pada saat memperhatikan asma dalam kelompok umur yang lebih besar, pola ini menjadi kebalikannya. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Chest pada bulan Oktober 2003 menemukan bahwa 62% anak dengan asma (pasien asma lebih muda dari 18 tahun) adalah laki-laki, sementara 68% dari pasien dewasa dengan asma adalah wanita. Dalam penelitian pada kondisi asma yang parah, jumlah yang lebih besar khususnya terdapat pada anak laki-laki yaitu 2 dari 3 anak dengan asma parah adalah laki-laki. Tapi, di antara orang dewasa dengan asma yang parah, dilaporkan terdapat dua pertiga wanita menderita asma yang parah. Perbedaan berdasarkan jenis kelamin ini belum dapat dipahami. Teori menunjukkan pengaruh hormon wanita, serta perbedaan dalam ukuran paru antara pria dan wanita saat mereka tumbuh menjadi dewasa.

Menyusui Bayi ketika sedang Mengkonsumsi Obat Asma | Mengi pada Anak

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.