Asma Varian Batuk

Asma varian batuk adalah jenis asma di mana batuk yang mendominasi dan kadang-kadang hanya gejala saja. Seseorang dengan asma varian batuk mengalami batuk kering, umumnya batuk nonproduktif tanpa mengi atau sesak napas. Dalam situasi ini, batuk dianggap sama dengan mengi. Batuk pada asma varian batuk mungkin terprovokasi oleh pemicu seperti udara dingin atau virus infeksi saluran pernapasan atas. Seperti asma yang “khas”, biasanya ada komponen nokturnal yang signifikan. Asma varian batuk lebih sering terjadi pada anak-anak yang lebih kecil, namun telah dijelaskan terdapat pada semua kelompok umur, dari toddler sampai senior. Karena batuk kronis atau berlangsung lama dapat merupakan gejala dari berbagai penyakit, memastikan diagnosis asma varian batuk, mungkin sulit dan membutuhkan tingat kecurigaan tertentu sejak awal. Sinar X – dada akan noemal pada asma varian batuk, begitu juga spirometri dan tes fungsi paru lainnya. Evaluasi dapat mencakup tes bronkoprovokasi, seperti tes tantangan metakolin. Beberapa ahli menganggap bahwa respon yang menguntungkan terhadap percobaan obat asma yang tepat, akan memperoleh diagnosis. Pengobatan khusus yang efektif membutuhkan obat anti inflamasi kortikosteroid. Kortikosteroid adalah hormon yang dalam keadaan normal diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil oleh kelenjar adrenal. Kortikosteroid memainkan peranan dalam pengaturan tekanan darah, serta keseimbangan garam tubuh dan air. Jika tidak ada respon terhadap bentuk obat hirup kortikosteroid setelah 8 minggu, pemberian dalam bentuk pil steroid oral (diminum dengan mulut dan ditelan) diindikasikan, yang sering memberikan hasil perbaikan yang cepay dan dramatis. Bronkodilator sering menjadi bagian rejimen pengobatan, bersama kortikosteroid untuk asma varian batuk yang memberikan respon terhadap pengobatan standar. Obat yang berasal dari kelas leukotriena antagonis juga efektif. Dalam pengobatan, antagonis adalah senyawa yang mencegah efek dari tindakan dari senyawa yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa sampai 30% individu yang didiagnosis dengan asma varian batuk, dengan perjalanan waktu akan mengembangkan asma yang lebih khas.

Asma varian batuk

Poin penting tentang asma varian batuk termasuk :
* Asma varian batuk merupakan subkelas atau varian asma.
* Meskipun individu dengan asma dapat mengalami batuk sebagai salah satu gejala, bersama dengan mengi dan sesak napas, individu dengan bentuk asma varian batuk hanya memiliki batuk sebagai gejala, biasanya tanpa mengi dan sesak napas.
* Sinar-X dada normal.
* Tes fungsi paru normal.
* Tes tantangan metakolin abnormal, atau “positif”.
* Kortikosteroid baik dalam bentuk obat hirup atau pil, efektif untuk pengobatan, dan seharusnya menjadi bagian rejimen pengobatan.
* Respon terhadap kortikosteroid oral sangat bagus, dengan tanda perbaikan sedikitnya dalam 24 jam.
* Individu dengan batuk kering selama tiga minggu atau lebih seharusnya dievaluasi kemungkinan menderita asma varian batuk, khususnya jika sinar-X dada dan tes fungsi paru normal.
* Penyebab lain dari batuk kering kronis selama 3 minggu atau lebih dengan sinar-X dada dan tes fungsi paru normal meliputi : refluks esofageal (GERD), posnasal drip atau discharge dan batuk yang mengikuti penyakit saluran napas karena virus.

Klasifikasi Asma Selain NAEPP | Asma yang Diinduksi oleh Latihan (EIA)

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.