Cara Lain Meredakan Perasaan Ingin Bunuh Diri

Aturlah pola makan, Anda harus mempelajari zat-zat gizi yang bisa meredakan perasaan melankolis karena selain faktor kepribadian, perasaan melankolis menurut banyak penelitian ternyata berkaitan dengan defisiensi beberapa zat gizi, yaitu vitamin B (terutama vitamin B6), vitamin C, selenium, dan asam amino triptofan. Ketiadaan asupan atau keterbatasan zat-zat gizi tersebut membuat berkurangnya atau terhambatnya produksi neurotransmitter (antara lain serotonin, dopamin, dan norepinefrin). Rendahnya kadar neurotransmitter akan memunculkan perasaan-perasaan negatif seperti merasa diri terkucil, merasa tidak dibutuhkan lagi, merasa tidak disayangi lagi, merasa terbuang, dan sebagainya.

Defisiensi vitamin C selain akan menurunkan daya tahan tubuh juga menyulitkan penderita melankolis meredakan perasaan-perasaan negatif yang dirasakannya. Sedangkan selenium berperan dalam hal memunculkan perasaan melankolis. Ini didukung oleh sebuah penelitian di Amerika bahwa pada sukarelawan yang kadar seleniumnya rendah, mudah depresi dan dikuasi oleh perasaan melankolis. Kemudian mereka diikutkan pola makan dengan kadar selenium tinggi dalam 15 hari. Hasilnya, terjadi perbaikan dalam hal suasana hati (mood), semangat, rasa percaya diri, dan hal-hal positif lainnya.

Kekurangan unsur triptofan yang berperan dalam pembentukan serotonin, akan memperparah kondisi melankolis.

Mengingat semua itu, disarankan menyusun menu sehari-hari yang sarat dengan zat-zat gizi tersebut di atas. untuk menjaga agar kondiri melankolis bisa diredakan, tidak berkepanjangan dan berbuntut maut. Berikut ini bahan makanan yang bisa dipilih sebagai dasar penyusunan menu sehari-hari.

* Gunakan selalu beras merah atau beras putih tumbuk yang tidak diproses di pabrik. Nasi dari beras merah atau beras tumbuk kaya akan karbohidrat kompleks dan asam amino triptofan bohidrat kompleks juga memudahkan penyerapan triptofan. Dibanding bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks, beras merah paling unggul karena juga mengandung triptofan. Kedua zat gizi tersebut sangat penting meningkatkan produksi serotonin di otak sehingga sel-sel saraf menjadi rrileks dan perasaan pun lebih santau atau tidak suntuk. Bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain kentang, ubi, labu kuning, brokoli, stroberi, dan roti atau pasta wholewheat.

* Penderita melankolis umumnya mengalami defisiensi vitamin B (khususnya asam folat). Asam folat mampu mengendalikan produksi homosistein, yaitu zat yang berkaitan dengan munculnya depresi dan persepsi berlebihan pada penderita melankolis. Bahan makanan yang kaya akan asam folat antara lain kedelai dengan produk-produknya (tempe, tahu, susu kedelai), kol (disantap mentah), bokcoi, bit, brokoli, kacang-kacangan kering, kacang hijau, kacang merah), kapri, lentil, alpukat, jeruk orange.

* Salah satu anggota vitamin B yang diandalkan menanggulangi gejala melankolis adalah niasin yang bermanfaat mengubah rasa cemas atau panik menjadi rasa nyaman dan tenang. Ikan tuna diketahui banyak mengandung niasin. Selain itu niasin juga ada di dalam daging ayam, beras merah, dan buah delima.

* Asam lemak omega-3 diketahui sangat penting, selain menjaga kesehatan jantung juga mampu meredakan depresi dan rasa melankolis karena membangun karingan otak. Selain ditemukan dalam ikan salmon, juga dalam ikan tuna dan gindara.

* Unsur selenium bermanfaat dalam meredakan perasaan destruktif para penderita melankolis, yaitu rasa ditinggalkan, tidak diterima lingkungan, kesepian dan lainnya. Di mana bisa ditemukan selenium? Banyak dikandung oleh ikan kakap, juga ada dalam ikan air tawar seperti ikan emas, belut, beras merah, almond, wijen, kenari, dan roti/pasta wholewheat. B6 yang berperan memperbaiki sistem saraf. Selain itu juga mampu mengatasi gejala melankolis dan memulihkan kepikunan.

* Buah-buahan berlimpah dengan zat-zat gizi, antara lain yang meredakan gejala melankolis. Alpukat misalnya, berlimpah magnesium yang mampu meredakan gejala depresi atau melankolis dengan merilekskan otot-otot. Bahan makanan lain yang kaya magnesium adalah kuaci tawar biji labu atau bunga matahari, almond, kerang, bayam. Sedangkan jambu biji sangat kaya vitamin C melebihi jeruk. Diperlukan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menurun pada penderita depresi dan melankolis, padahal vitamin C banyak terkuras pada penderita depresi dan melankolis. Vitamin C juga banyak ditemukan dalam belimbing, mangga, rambutan, stroberi, sawo, sirsak, kol (disantap mentah), paprika, dan lainnya.

* Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung kadra tinggi vitamin B6 yang berperan dalam perbaikan kerusakan sistem saraf dan memulihkan kemampuan mengingat atau kepikunan. Bahan makanan lain yang juga mengandung vitamin B6 adalah beras merah, daging ayam, alpukat, pisang, mangga, paprika.

Ingin Bunuh Diri | Pantat Membesar, Pinggang Melebar, Perut Membuncit

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.