Cara Mengetahui Ketika Inhaler Kosong

Sangat mudah untuk mengetahui kapan sebuah DPI kosong karena DPI telah memasukkan penghitung dosis yang membantu Anda melacak berapa banyak dosis sisa di inhaler dan mengingatkan Anda kapan harus isi ulang resep Anda. Beberapa penghitung dosis menghitung mundur ketika Anda gunakan setiap dosis atau isapan obat. Yang lain menghitung mundur setiap 10 dosis. Alat Diskus menghitung mundur setiap kali Anda menghirup suatu dosis, dan ketika lima dosis tinggal dalam DPI, nomor merah 5 muncul di jendela, diikuti oleh nomor merah 4,3,2,1, dan lalu 0. Alat Twisthaler juga menghitung mundur untuk Anda sampai “00” muncul di layar. Flexhaler menghitung mundur dari sepuluh – layar tidak akan berubah setelah setiap isapan – sampai mencapai nol. Ide yang baik untuk perhatian pada dosis, berapa banyak dosis yang tinggal di DPI Anda sehingga dapat mengisi ulang resep Anda sebelum Anda kehabisan obat. Jangan pernah menggunakan DPI ketika penghitung dosis membaca nol. DPI yang sudah ditakar diserahkan oleh apoteker Anda dalam keadaan terbungkus pelindung foil untuk menghindari uap lembab. Petunjuk untuk pasien yang terdapat bersama DPI yang diresepkan akan menentukan berapa lama DPI dapat disimpan sebelum harus diganti dengan obat baru. Advair mengandung DPI Diskus harus dibuang sampai 30 hari sejak pembungkus dibuka, terlepas dari apakah penghitung menunjukkan dosis 0 atau tidak. DPI Serevent Diskus harus dibuang sampai 6 minggu sejak bungkus dibuka, tanpa memperhatikan berapa banyak dosis obat dalam alat. Demikian pula. Asmanex Twitshaler harus dibuang setelah 45 hari, bahkan jika penghitung menunjukkan beberapa dosis tinggal dalam alat.

Empat MDI yang tersedia di Amerika Serikat telah dipasang penghitung dosis. MDI dengan bagian penghitung dosis adalah Advair HFA, Flovent HFA, Symbicort HFA, dan Ventolin HFA. Tiga yang pertama adalah obat penggunaan sehari-hari, obat pengendali, dan yang keempat adalah bronkodilator beta-2 agonis kerja cepat, cepat melegakan. Semuanya memiliki penghitung dosis yang menghitung mundur saat Anda menggunakan obat, sehingga jelas ketika hanya beberapa dosis tinggal dalam alat.

Semua MDI mengandung obat aktif dan sebuah propelan (HFA). Penting untuk memahami bahwa sekali obat aktif habis digunakan, propelan masih ada dalam tabung MDI. Meskipun tidak ada obat-obatan tinggal pada alat, bukan berarti sama sekali kosong. Itulah mengapa Anda tidak bisa mengatakan MDI Anda kosong dengan mengguncangnya. Sekali Anda telah menggunakan sejumlah dosis obat yang terdapat dalam MDI apa saja, Anda harus membuangnya. Jika Anda terus menggunakan MDI tersebut Anda akan menghirup propelan!

Jika Anda Advair HFA, Flovent HFA, Symbicort HFA, atau Ventolin HFA, penghitung dosis akan memberitahu Anda ketika sebuah tabung habis obatnya. Jika inhaler MDI Anda tidak memiliki alat penghitung dosis, satu-satunya cara untuk memastikan bahwa MDI masih memiliki obat di dalamnya adalah dengan benar-benar menghitung setiap (dan setiap dosis) dosis saat Anda menggunakan obat. Kecil, penghitung eksternal yang pas di telapak tangan Anda bisa diklik setiap kali Anda menggunakan MDI, akurat tetapi tidak selalu solusi yang mudah. Penghitung dosis eksternal yang melekat pada MDI juga ada di pasar. Pilihan lain yang memperkirakan waktu kapan Anda harus mengganti MDI. Perkiraan Anda didasarkan pada berapa banyak dosis (aktuasi) MDI yang terisi dan seberapa sering Anda menggunakan MDI. Sebagai contoh, pertimbangkan MDI mempunyai label yang menyatakan berisi 100 isapan obat. Jika Anda menggunakan satu isap obat dua kali sehari, MDI baru harus menyediakan obat yang cukup untuk 50 hari, membagi 100 (jumlah dosis dalam MDI) dengan 2 (jumlah dosis yang digunakan dalam sehari). Anda juga dapat bertanya pada dokter spesialis paru atau apoteker untuk membantu mengantisipasi ketika Anda butuh untuk memperoleh isi ulang MDI. Anda membagi jumlah total dosis sehari-hari yang direncanakan untuk digunakan untuk menentukan berapa hari MDI akan habis. Pertimbangkan utnuk mencatat tanggal pada kalender atau PDA waktu depan, sehingga Anda ingat untuk menghubungi Apoteker Anda beberapa hari ke depan dari tanggal yang diperkirakan MDI kosong.

Beberapa strategi telah dimajukan dari tahun ke tahun untuk membantu Anda mengetahui kapan MDI kosong atau hampir kosong. Seperti catatan diatas, menggoncang inhaler bukanlah metoda yang pasti dalam menilai apakah inhaler masih berisi obat atau tidak. Ide lain tidak direkomendasikan meliputi membuka logam tabung MDI dari corong mulut yang terbuat dari plastik dan menjatuhkan tabung ke dalam gelas yang berisi air untuk melihat jika mengapung di permukaan menunjukkan obat kosong atau hampir kosong. Produsen MDI dan NAEPP menentang keras mencelupkan tabung logam MDI ke dalam air, jadi mengapungkan tabung MDI dilarang. Potensi obat inhalasi tidak bisa dijamin jika tabung dicelupkan ke dalam air.

Akhirnya, catat bahwa ventolin HFA yang dipasang penghitung dosis dan Symbicort HFA, bronkodilator kerja cepat, cepat melegakan dan obat pengendali penggunaan sehari-hari secara berturut-turut, dikemas dalam kantong pelindung tahan uap lembab. Begitu Anda membuka kantong, tiap obat harus digunakan sampai waktu tertentu untuk memastikan efektifitasnya. Ventolin HFA yang dipasang penghitung dosis harus dibuang setelah 6 bulan kantong dibuka, bahkan penghitung dosis belum terbaca “000”. Symbicort HFA harus dibuang 3 bulan setelah dibuka, bahkan jika tidak semua dosis yang berisi 120 telah terpakai semua.

Cara yang Benar Menggunakan MDI | Suatu Ruang Penyimpan Berkatup (VHC)

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.