Definisi Mengi

Mengi adalah suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit. Penyempitan ini dapat disebabkan oleh sekresi mukus yang terkurung di dalam saluran napas atau penyempitan otot saluran napas atau pengetatan di sekitar saluran napas. Penyempitan saluran napas karena asma adalah reversibel. Obat-obatan yang diresepkan untuk asma membantu saluran udara yang menyempit kembali ke keadaan normal. Mengi paling tepat dapat digambarkan sebagai suara siul yang melengking. Mengi dapat terjadi ketika menghirup napas (mengi inspirasi), saat mengeluarkan napas (mengi ekspirasi), atau selama seluruh proses pernapasan. Asma adalah salah satu dari beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mengi. Jika parah, mengi akan jelas terdengar tanpa stetoskop.

Mengi pada asma mencerminkan sedang terjadinya inflamasi di paru-paru dan penyempitan saluran udara , atau bronkokonstriksi. Suara mengi dihasilkan oleh turbulensi udara yang mengalir melalui saluran udara yang menyempit. Kehadiran mengi pada asma menunjukkan bahwa asma dalam keadaan aktif, dan oleh karena itu dibutuhkan pengobatan yang lebih intesif dan efektif. Mengi tidak pernah dapat dianggap sebagai kondisi normal dan tidak boleh diabaikan. Jika penyempitan dan inflamasi saluran napas tidak diobati, akan ada risiko nyata penyakit tersebut akan memburuk dan dapat berpotensi mengancam kehidupan.

Sebagian besar orang penderita asma dapat mengetahui ketika mereka mengalami mengi. Mereka mungkin menjadi sadar akan suara mengi yang tidak normal ketika udara yang dihirup masuk melalui saluran napas yang menyempit. Orang mungkin berkata, “Suaranya terdengar seperti kucing mendengkur di dada saya.” Orang yang lain mungkin akan merasakan tekanan yang tidak nyaman pada pertengahan dada. Mengi tidak boleh diabaikan atau dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting.

Metode paling dapat diandalkan bagi para dokter untuk mendeteksi mengi adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik yang mencakup auskultasi paru-paru dengan stetoskop. Dokter menempatkan stetoskop di dada pasien bagian atas – pada bagian atas depan, belakang, dan samping – dan mendengarkan udara masuk dan keluar dari paru-paru. Pasien mengambil napas beberapa kali, bernapas melalui mulutnya, secara diam-diam dan selancar mungkin. Dokter mencermati simetri suara napas dan kelainan apa pun yang dapat terdengar, seperti mengi.

Pada variasi dari asma orang dewasa yang disebut batuk asma, mengi tidak terjadi, dan pada kondisi ini gejala utama asma adalah batuk kering. Munculnya mengi atau batuk kering yang terus-menerus pada kasus batuk asma adalah selalu serius dan harus dilaporkan kepada dokter. Berkembangnya mengi menunjukkan pengendalian asma yang tidak memadai dan dapat menandai awal suatu eksaserbasi dari penyakit ini. Hal yang sama berlaku dari batuk pada batuk asma karena batuk di sana adalah setara dengan mengi.

Adanya mengi berarti memiliki asma? Tidak demikian. Gerakan udara kesana kemari melalui patru-paru dan pohon trakeobronkial seharusnya selalu tenang. Mengi adalah suatu bunyi abnormal yang dihasilkan oleh aliran turbulen melalui paru-paru. Ada bermacam-macam penyebab yang berbeda dari mengi. Terjadinya mengi dengan sendirinya tanpa gejala lain merupakan hal yang tidak biasa. Oleh karena itu, penting untuk dicatat jika mengi berulang atau jika berhubungan dengan gejala paru lainnya seperti sesak napas, batuk, atau produksi mukus.

Mahasiswa kedokteran mempelajari bahwa tidak semua penyakit dengan gejala mengi adalah asma. Meskipun banyak penderita asma pada waktu tertentu mengalami mengi, tapi tidak setiap orang yang memiliki mengi, menderita asma. Beberapa orang dengan gejala mengi akan memiliki kondisi paru selain asma, sementara yang lain mengalami mengi meskipun kondisi paru tidak dikenali dan paru-paru tampak sama sekali normal. Pada kategori pertama yaitu penyakit paru yang berhubungan dengan rokok seperti penyakit paru obstruktif menahun. Penyakit paru lainnya, seperti bronkiektasis atau bronkiolitis juga mengakibatkan terjadinya mengi.

Penyebab mengi :
* Asma
* Aspirasi benda asing
* Penyakit paru obstruktif kronis (COPD) : Bronkitis obstruktif kronis, Emfisema
* Bronkiektasi
* Infeksi paru, bronkitis menular, bronkiolitis, croup
* Reaksi alergi (berat, anafilaktoid)
* Gagal jantung kongestif
* GERD (penyakit refluks gastroesofageal)
* Dipicu oleh obat-obatan (beta blockers)

Penyakit paru tertentu dapat menyebabkan mengi pada paru yang sama sekali normal. Beberapa orang tanpa penyakit paru apa pun tetapi menderita gagal jantung kongestif dapat menyebabkan mengi jika terjadi penimbunan cairan. Mengi dapat terjadi pada yang lain, setelah reaksi alergi berat, seperti digigit lebah. Refluks gastrik yang disebut GERD (penyakit refluks gastroesofageal), merupakan penyakit sistem saluran cerna dan penyakit ini merupakan contoh dari kondisi nonparu yang mirip asma. Demikian pula, sindrom disfungsi pita suara (VCD) yang mempengaruhi kotak suara (laring) dan sering diragukan dengan asma. Terakhir, dan khususnya pada anak-anak, mengi dapat disebabkan oleh benda asing yang terkurung dalam pohon bronkial. Anak-anak yang lebih kecil, khususnya, mengekspolasi dunia sekitar dengan memasukkan objek ke mulut mereka. Dari sana, melalui perjalanan singkat menuju saluran pernapasan. Benda asing seharusnya dikeluarkan dari saluran paru, biasanya dengan bronkoskopi. Jurnal kedokteran dan buku teks kedokteran telah menjelaskan pengeluaran banyak benda asing yang sukses, seperti tulang ikan dan ayam, koin, bagian mainan, dan bahkan pengaduk kopi.

Jika Anda pernah mengalami mengi, terutama lebih dari satu kali dan mungkin berkaitan dengan gejala lainnya, berkonsultasi dengan dokter Anda merupakan tindakan yang tepay. Dokter Anda akan dapat memastikan jika mengi disebabkan asma atau uang lain dapat menasehati Anda tentang pengobatan apa yang akan diusulkan untuk Anda.

Gejala Asma | Batuk setelah Jogging, Berlari atau setelah Berpartisipasi dalam Olahraga

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.