Diagnosis Kanker Vulva

Bagaimana Diagnosis Kanker Vulva?

Hasil dari diagnosis biasanya didapatkan setelah adanya gejala, hasil pemeriksaan fisik, dan juga hasil biopsi jaringan.

Staging merupakan salah satu proses yang menggunakan hasil-hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan diagnostik tertentu untuk menentukan ukuran tumor, kedalaman tumor, penyebaran ke organ di sekitarnya, dan penyebaran ke kelenjar getah bening atau organ yang jauh.

Dengan mengetahui stadium penyakitnya, dapat ditentukan rencana pengobatan yang akan dijalani oleh penderita. Jika hasil biopsi menunjukkan telah terjadi kanker vulva, akan dilakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui penyebaran kanker ke daerah lain :
* Sistoskopi (pemeriksaan kandung kemih)
* Proktoskopi (pemeriksaan rektum)
* Pemeriksaan panggul di bawah pengaruh obat bius
* Rontgen dada
* CT scan dan MRI

Stadium kanker vulva dari sistem FIGO :

* Stadium 0 (karsinoma in situ, penyakit bowen), yaitu kanker hanya ditemukan di permukaan kulit vulva
* Stadium I : kanker ditemukan di vulva dan/atau perineum (daerah antara rektum dan vagina). Ukuran tumor sebesar 2 cm atau kurang dan belum menyebar sampai ke kelenjar getah bening.
* Stadium IA : kanker stadium I yang telah menyusup sampai kedalaman kurang dari 1 mm.
* Stadium IB : kanker stadium I yang telah menyusup lebih dalam dari satu milimeter.
* Stadium II : kanker ditemukan di vulva dan/atau perineum, dengan ukuran lebih besar dari 2 cm, tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening.
* Stadium III : kanker ditemukan di vulva dan/atau perineum serta telah menyebar ke jaringa terdekat (misalnya, uretra, vagina dan anus) dan/atau telah menyebar ke kelenjar getah bening di selangkangan terdekat.
* Stadium IVA : kanker telah menyebar keluar jaringan terdekat, yaitu ke uretra bagian atas, kandung kemih, rektum atau tulang panggul, atau telah menyebar ke kelenjar getah bening kiri dan kanan.
* Stadium IVB : kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dalam panggul dan/atau ke organ tubuh yang jauh.

Gejala Kanker Vulva | Pengobatan Kanker Vulva

This entry was posted in Kanker Vulva. Bookmark the permalink.