Enzim Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat kira-kira 100 jenis enzim. Organ tubuh yang sehat mampu menghasilkan 100 jenis enzim. Tetapi bila organ tubuh tidak sehat, maka diperlukan makanan sehat untuk membantu keseimbangan enzim di dalam tubuh.

Ludah yang sehat mengandung 5 jenis enzim, yaitu 1 jenis enzim untuk pencernaan, dan 1 jenis enzim untuk keseimbangan hormon, dan 3 jenis enzim utnuk mencegah infeksi dan meningkatkan antibodi di dalam tubuh. Ludah yang tidak sehat akan kekurangan enzim. Bila kekurangan enzim pencernaan, maka orang akan mengalami gangguan metabolisme. Bila kekurangan enzim hormon, maka akan terjadi gangguan keseimbangan hormon. Bila kekurangan enzim antibodi, maka orang akan lebih mudah sakit.

Seorang teman mengatakan, bahwa orang tua zaman dahulu sering mengatakan, bahwa luka pada kulit bisa disembuhkan dengan air ludah. Memang salah satu manfaat enzim pada ludah adalah mencegah infeksi. Tetapi enzim ini hanya terdapat pada ludah yang sehat. Ludah yang tidak sehat tidak mempunyai enzim ini. Bila ludah tidak sehat sehingga tidak mempunyai enzim ini, maka mulut akan sering sariawan.

Untuk memperbaiki keseimbangan mineral dan enzim pada ludah, maka sebaiknya orang mengkonsumsi lebih banyak umbi-umbian seperti kentang, ubi, singkong, yang dikukus. Wortel dan bengkuang segar juga merupakan makanan yang cocok. Selain itu, kacang panjang segar atau dikukus juga sangat baik. Air kepala tua juga dapat menyehatkan mineral dan enzim pada ludah.

Tubuh Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Tubuh Anda adalah satu-satunya sistem penyembuhan yang dapat membawa Anda kembali seimbang saat penyakit menyerang. Obat memang dapat membantu tubuh dalam keadaan darurat, pembedahan mungkin diperlukan dalam keadaan tertentu, tetapi hanya tubuh Anda yang memiliki kemampuan untuk sembuh.

Ada beberapa rahasia untuk menyembuhkan penyakit, berumur panjang, dan sehat. Beberapa rahasia tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengunyah dengan baik 30 – 50 kali setiap makan, sangatlah penting. Mengunyah menstimulasi sekresi air liur. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat dalam air liur, jika tercampur dengan makanan selama dikunyah, meningkatkan pencernaan dan penyerapan, karena penguraian makanan berlangsung dengan lancar.

2. Enzim-enzim yang berharga sensitif terhadap panasa dan akan terurai pada suhu 48 – 115 derajat C.

3. Makanan terbaik
a. Makanan yang tumbuh di tanah subur dan kaya mineral
b. Tanpa menggunakan zat-zat kimia pertanian maupun pupuk kimia
c. Makanan yang dimakan segera setelah dipanen

4. Semakin segar sayuran, buah-buahan, daging, dan ikan semakin banyak pula enzim yang dikandungnya (jadi terasa lezat saat dimakan).

5. Sangat penting mengetahui bagaimana cara memilih makanan yang tepat, cara memasaknya, dan cara menyantapnya.

6. Makanan segar dianggap baik bagi tubuh, karena selain mengandung banyak enzim, mereka tidak teroksidasi (terjadi saat zat berikatan dengan oksigen). Radikal bebas terbentuk saat makanan teroksidasi memasuki tubuh. Radikal bebas dapat menghancurkan DNA dalam sel-sel, sehingga menyebabkan kanker dan banyak masalah kesehatan lainnya.

7. Radikal bebas sering diperlakukan sebagai penjahat, pada kenyataannya juga berfungsi penting, yaitu mampu membunuh virus, bakteri, jamur, dan menekan infeksi.

8. Saat radikal bebas meningkat terlalu banyak, tubuh kita dilengkapi dengan senjata untuk menetralisasinya, yaitu enzim antioksidan. Jenis enzim yang menjalankan fungsi ini disebut SOD (super-oksida dismutase).

9. SOD saat melewati usia 40 tahun menurun, saat SOD mulai berkurang seiring usia, enzim-enzim pangkal mulai melawan radikal bebas yang berlebihan. Jika enzim pangkal kemudian tidak tersedia dalam tubuh, maka enzim pangkal tidak dapat mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan radikal bebas. Maka menjadi sebuah kepentingan untuk menghindari makanan yang teroksidasi dan memakan makanan yang segar yang penuh enzim, selain membatasi jumlah radikal bebas yang dihasilkan, juga dapat membatasi pengurangan enzim pangkal dalam tubuh. Hal ini akan menghasilkan suatu siklus positif yang secara teratur akan meningkatkan energi kehidupan kita.

Enzim PencernaanGaya Hidup yang Dapat Mengurangi Jumlah Enzim

This entry was posted in Enzim. Bookmark the permalink.