Faktor Resiko Hipertensi

Faktor resiko hipertensi adalah keadaan seseorang yang lebih rentan terserang hipertensi dibandingkan orang lain. Faktor resiko bukanlah penyebab timbulnya penyakit, melainkan pemicu terjadinya penyakit.
Beberapa keadaan yang merupakan faktor resiko hipertensi :

* Faktor genetik
Merupakan faktor bawaan yang menjadi pemicu timbulnya hipertensi, terutama hipertensi primer. Jika dalam keluarga seseorang ada yang hipertensi, ada 25% kemungkinan orang tersebut terserang hipertensi. Apabila kedua orangtua mengidap hipertensi, kemungkinan menderita hipertensi naik menjadi 60%.

* Jenis kelamin
Pada dewasa muda dan paruh baya, hipertensi banyak terjadi pada kaum pria. Namun pada usia di atas 55 tahun, hipertensi banyak menyerang wanita.

* Pemakaian pil kontrasepsi (KB)
Karena mengandung estrogen dan progesteron yang berlebihan.

* Stres berat dan tidak terkendali

* Gaya hidup yang tidak sehat
Berupa banyak mengonsumsi makanan berlemak, makan secara berlebihan, banyak mengonsumsi garam / makanan asin, banyak minum alkohol, merokok, serta kurang banyak melakukan aktivitas fisik.

Cara mengetahui adanya resiko mengidap hipertensi adalah dengan mencermati apakah ada anggota keluarga yang mengidap hipertensi. Jika ada maka Anda harus lebih berhati-hati, karena kemungkinan besar Anda juga akan terserang hipertensi. Perhatikan juga berat badan Anda, jika berlebihan atau kegemukan akan meningkatkan resiko. Begitu pula dengan kadar kolesterol total yang melebihi 200 mg/dl, LDL > 130 md/dl, trigliserida > 150 mg/dl, sedangkan kadar kolesterol HDL 9baik) rendah di bawah 40 mg/dl; jika Anda mengalami kondisi ini, maka resiko Anda terserang hipertensi sangat tinggi.

Penyebab Hipertensi | Gejala Hipertensi

This entry was posted in Hipertensi. Bookmark the permalink.