Gagal Jantung dan Gangguan Jantung

Definisi Gagal Jantung

Gagal jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung mengalami gangguan atau sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini bisa terjadi mendadak atau secara perlahan, dan akhirnya menimbulkan gagal jantung. Penyebab gagal jantung tersebut bervariasi, namun penyebab utamanya adalah akibat terhambatnya asupan darah ke otot-otot jantung, terjadi kesenjangan antara kebutuhan (permintaan) dengan ketersediaan (asupan) oksigen oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (PPA) yang banyak ditemui dalam obat-obat penghilang sakit kepala, nikotin, dan lain-lain sehingga pembuluh darah mengeras dan tidak lentur lagi.

Belakangan ini juga sering ditemukan gagal jantung mendadak ketika seseorang sedang beraktivitas, seperti yang menyerang beberapa atlit-atlit sepak bola ternama di dunia di tenagh lapangan sepak bola, atau selebritis kondang yang tidak biasa berolahraga, kemudian berolahraga berat seeprti main sepak bola atau futsal. Jantung yang tidak terbiasa bekerja berat menjadi kelelahan, atau tidak cukup mendapat pasokan oksigen akibat penyumbatan di pembuluh darah, menyebabkan jantung berhenti mendadak. Kondisi ini biasanya memang disebabkan oleh pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi ambang batas, atau kurangnya pemanasan sebelum melakukan olah raga.

Serangan terhadap jantung juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang salah seperti sering begadang, merokok, minum minuman beralkohol, makanan-makanan yang tidak sehat (makanan yang tinggi lemak dan rendah serat). Gagal jantung itu sendiri adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah serta memberikan asupan makanan dan oksigen yang cukup ke jaringan.

Gangguan Jantung yang Populer

Jenis gangguan jantung kadang tidak sama, kadang lebih dari satu gangguan atau terjadi komplikasi.

1. Aterosklerosis
Penebalan dinding arteri bagian dalam akibat endapan plak (lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya) yang menghambat dan menyumbat pasokan darah ke sel-sel otot. Jika terjadi pada dinding arteri jantung, disebut penyakit jantung koroner, dengan gejala nyeri dada.

2. Infark Miokard Akut
Otot jantung rusak atau mati gara-gara penyumbatan arteri koroner.

3. Kardiomiopati
Otot jantung rusak, membuat dinding jantung tidak bergerak sempurna saat menyedot dan memompa darah. Penderita bisa terkena gagal jantung mendadak.

4. Aritmia
Irama jantung tidak normal akibat gangguan rangsang dan penghantar rangsang jantung.

5. Gagal Jantung Kongestif
Jantung tidak mampu memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Akibatnya, darah berbalik ke paru-paru dan bagian tubuh lain.

6. Fibrilasi Atrial
Gangguan ritme listrik jantung, akibatnya kontraksi otot jantung tidak beraturan dan darah dipompa tidak efisien.

7. Inflamasi Jantung
Terjadi pada dinding jantung, selaput jantung atau bagian dalam jantung. Penyebabnya racun atau infeksi.

8. Jantung Rematik
Katup jantung rusak akibat demam rematik dicetus bakteri streptokokus hemolitikus grub beta.

9. Kelainan Katup Jantung
Pengecilan katup, kebocoran, atau katup tidak menutup sempurna sehingga aliran darah di dalam jantung terganggu. Kebanyakan kondisi ini suatu penyakit bawaan lahir, namun ada juga sebagai akibat infeksi atau efek samping pengobatan.

Semua gangguan jantung ini bisa terjadi akibat pola hidup yang tidak tepat, pola makan yang salah, kebiasaan merokok, kelelahan, depresi, kurang olahraga, kebiasaan minum alkohol, tekanan darah tinggi, serta kebiasaan-kebiasaan lain yang dapat melemahkan fungsi dan kerja jantung, infeksi di tenggorokan saat masih akil balik yang tidak diobati dengan baik (penyakit jantung rematik), bahkan infeksi gigi pun (gigi berlubang yang tidak diobati) dapat memicu serangan jantung. Oleh sebab itu berhati-hatilah terhadap kebiasaan buruk, higienis yang buruk (terutama gigi) yang dapat menyebabkan tidak normalnya fungsi aliran darah serta gangguan otot jantung dan akibatnya jantung Anda rusak.

Gejala Umum Gangguan Jantung (Bagian 2)

This entry was posted in Penyakit Jantung. Bookmark the permalink.