Gambaran Umum Osteoartritis (Bagian 1)

Telah dikemukakan berbagai definisi tentang penyakit osteoartritis, namun secara umum dapat didefinisikan bahwa Osteoartritis (Artritis Degeneratif, Penyakit Sendi Degeneratif) adalah suatu penyakit sendi menahun yang ditandai dengan adanya kemunduran pada tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang di dekatnya, yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia di atas 70 tahun. Bisa terjadi pada pria dan wanita, tetapi pria bisa terkena pada usia yang lebih muda. Pada anak juga bisa terjadi osteoartritis, apabila anak tersebut obesitas dan bila anak mengalami cidera, serta jika kekurangan nutrisi, hingga pertumbuhan tulang rawannya tidak sempurna atau mengalami kelainan karena sesuatu sebab lainnya lagi.

Penyebab

Dalam keadaan normal, sendi memiliki derajat gesekan yang rendah, sehingga tidak akan mudah aus, kecuali bila digunakan secara sangat berlebihan atau mengalami cedera. Osteoartritis kemungkinan berawal ketika suatu kelainan terjadi pada sel-sel yang membentuk komponen tulang rawan, seperti :

* kolagen (serabut protein yang kuat pada jaringan ikat) dan
* proteoglikan (bahan yang membentuk daya lenting tulang rawan)

Selanjutnya tulang rawan tumbuh terlalu banyak, tetapi pada akhirnya akan menipis dan membentuk retakan-retakan di permukaan. Rongga kecil akan terbentuk di dalam sumsum dari tulang yang terletak di bawah kartilago tersebut, sehingga tulang menjadi rapuh. Tulang mengalami pertumbuhan berlebihan di pinggiran sendi dan menyebabkan benjolan (osteofit), yang bisa dilihat dan bisa dirasakan. Benjolan ini memengaruhi fungsi sendi yang normal dan menyebabkan nyeri. Pada akhirnya, permukaan tulang rawan yang halus dan licin berubah menjadi kasar dan berlubang-lubang, sehingga sendi tidak lagi dapat bergerak secara halus. Semua komponen sendi (tulang, kapsul sendi, jaringan sinoval, tendon, dan tulang rawan) mengalami kegagalan dan terjaid kelainan sendi.

Osteoartritis dikelompokkan menjadi :

* Osteoartritis primer, jika penyebabnya tidak diketahui.

* Osteoartritis sekunder, jika penyebabnya adalah penyakit lain (misalnya penyakit Paget atau ineksi, kelainan bentuk, cedera atau penggunaan sendi yang berlebihan). Orang-orang yang pekerjaannya menyebabkan penekanan berulang pada sendi mempunyai resiko lebih besar untuk menderita osteoartritis. Jenis pekerjaan ini misalnya, pekerja tambang dan supir bis. Obesitas diduga merupakan faktor utama dalam terjadinya osteoartritis, tetapi pembuktiannya belum cukup kuat.

Infeksi Pada Osteoartritis dan Cairan Artritis Infeksiosa

This entry was posted in Osteoartritis. Bookmark the permalink.