Gejala Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)

Apakah Gejala Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)?

Gejala kanker ovarium pada awalnya berupa rasa tidak enak yang samar-samar di perut bagian bawah. Ovarium yang membesar pada wanita pasca menopause bisa merupakan pertanda awal dari kanker ovarium. Di dalam perut terkumpul cairan dan perut membesar akibat ovarium yang membesar ataupun karena penimbunan cairan.

Kanker ovarium (kanker indung telur) pada masa awal berkembang cenderung tanpa gejala. Kondisi inilah yang menyebabkan kanker ini sulit diketahui sejak dini. Biasanya, gejala umum terjadinya kanker ini adalah timbulnya sakit di bagian punggung, yang sering diikuti gejala berikut :

* Sakit kepala
* Serasa kembung
* Sulit buang air besar
* Sakit di bagian abdominal (perut bawah)
* Sering ingin buang air kecil

Kalau kanker ovarium (kanker indung telur) ini sudah masuk dalam stadium lanjut, gejalanya pun bertambah, seperti :

* Rasa tidak nyaman di bagian perut bawah selama mesntruasi (akibat darah haid yang terlalu deras keluar atau gumpalan darah haid)
* Rasa kejang di perut
* Pendarahan lewat vagina yang tidak normal
* Nyeri di seputar kaki

Lebih lanjut, perempuan dengan tumor stromal akan mengalami gejala berikut akibat dari pengaruh kelebihan hormon estrogen dan progesteron :

* Terjadi perdarahan, padahal sudah menopause
* Terlalu cepat mendapat menstruasi
* Payudara cepat membesar pada remaja
* Menstruasi terhenti
* Pertumbuhan rambut di muka dan tubuh

Pada saat ini, penderita mungkin akan merasakan nyeri panggul, anemia, dan berat badannya menurun. Kadang kanker ovarium melepaskan hormon yang menyebabkan pertumbuhan berlebih pada lapisan rahim, pembesaran payudara, atau peningkatan pertumbuhan rambut. Gejala lainnya yang mungkin terjadi, yaitu :

* Panggul terasa berat
* Perdarahan vaginal
* Siklus menstruasi abnormal
* Gangguan saluran pencernaan (perut kembung, nafsu makan berkurang, mual, muntah, dan tidak mampu mencerna makanan dalam jumlah seperti biasanya)
* Sering berkemih

Identifikasi Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur) | Pencegahan Kanker Ovarium

This entry was posted in Kanker Ovarium. Bookmark the permalink.