Gejala Kanker Paru-paru

Apakah Gejala Kanker Paru-paru?

Pada umumnya para penderita kanker paru-paru memperlihatkan gejala-gejala sebagai berikut :

* Batuk yang terus-menerus, tak kunjung sembuh, bahkan menghebat (padahal sudah 2 minggu lamanya)
* Dahak berdarah, berubah warna, dan makin banyak
* Napas sesak dan pendek-pendek
* Sakit kepala, nyeri, atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas
* Kelelahan kronis
* Kehilangan selera makan, atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas
* Suara serak atau parau
* Pembengkakan di wajah atau leher

Gejala-gejala tersebut sering kali tidak terlalu kentara. Kadang kala dikacaukan pula dengan tanda dan gejala penyakit lain. Tanda-tanda dan gejala kanker paru-paru akan terlihat jelas sesudah menyerang selama bertahun-tahun, terutama saat pertumbuhan selnya telah mengganas. Akibatnya, kebanyakan penderita kanker paru-paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Adapun gejala kanker paru-paru stadium lanjut adalah :

* Jika telah menyerang saraf bisa menimbulkan nyeri bahu yang bergerak di bagian luar lengan, disebut Pancoast sindrome; kelumpuhan pita suara yang menyebabkan suara serak; invasi kerongkongan yang menyebabkan sulit menelan (disfagia); jika napas terhambat menyebabkan infeksi (abses, radang paru-paru) di daerah yang terhambat.

* Jika telah terjadi metastasis / penyebaran ke tulang dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa di tulang; sementara kanker yang telah menyebar ke otak dapat menyebabkan sejumlah gejala neurologis seperti penglihatan kabur, sakit kepala, kejang, ataupun gejala stroke seperti melemahnya / hilangnya sensasi di bagian tubuh.

Penyebab Kanker Paru-paruPencegahan Kanker Paru-paru

This entry was posted in Kanker Paru-paru. Bookmark the permalink.