Gejala Kanker Prostat dan Diagnosis Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat biasanya tidak memiliki tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa apakah Anda telah terkena kanker prostat sampai kanker tersebut mencapai stadium yang lebih lanjut dan sudah cukup berbahaya. Terkadang, tanda atau gejala kanker ini menyerupai BPH, yaitu berupa kesulitan dalam berkemih dan sering berkemih. Kanker prostat juga dapat menyebabkan air kemih berwarna merah (karena mengandung darah) atau menyebabkan terjadinya penahanan air kemih secara mendadak.

Pada beberapa kejadian, biasanya kanker prostat sudah dapat terdeteksi setelah kanker tersebut telah menyebar ke tulang (terutama pada tunggal panggul, tulang iga, dan tulang belakang) atau bahkan ke ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Itu sebabnya, mengapa pada pria yang sudah terkena kanker prostat akan mengalami komplikasi penyakit karena kanker prostat telah menyebar ke seluruh bagian tubuh. Kanker prostat juga dapat menyebabkan kanker tulang sehingga tulang akan menjadi nyeri dan rapuh sehingga mudah mengalami fraktur (patah tulang).

Setelah kanker menyebar ke seluruh tubuh, biasanya penderita akan mengalami anemia. Kanker prostat juga dapat menyebar hingga ke bagian otak dan menyebabkan kekejangan serta gejala mental atau neurologis lainnya.

Gejala kanker prostat dan tanda-tanda lainnya yang dapat mengidentifikasi adalah :

* Setelah buang air kencing atau berkemih, biasanya air kemih masih menetes.
* Terasa nyeri saat Anda buang air kecil.
* Rasa nyeri setelah ejakulasi.
* Adanya perasaan nyeri pada punggung bagian bawah.
* Nyeri ketika buang air besar.
* Nokturia (berkemih pada saat malam hari).
* Inkontinensia uri (beser).
* Tulang nyeri atau tulang terasa nyeri ketika ditekan.
* Hematuria (air kencing mengandung darah).
* Nyeri pada perut.
* Penurunan berat badan.

Diagnosis Kanker Prostat

Cara terbaik untuk mencari tahu gejala-gejala kanker prostat tersebut adalah dengan mencolok dubur dan melakukan pemeriksaan darah. Colok dubur pada penderita kanker prostat akan menunjukkan adanya benjolan dala lubang prostat dan akan dilakukan pemeriksaan USG. Dengan melakukan rontgen atau melalui pemindaian tulang, dapat diketahui adanya penyebaran kanker prostat tersebut sampai ke tulang.

Pemeriksaan lainnya yang bisa dilakukan adalah :
* Analisis air kemih.
* Sitologi dari air kemih atau cairan prostat.
* Biopsi prostat.

Kanker Prostat dan Penyebab Kanker Prostat | Pengobatan Kanker Prostat

This entry was posted in Kanker Prostat. Bookmark the permalink.