Gejala Parkinson yang Lain

Beberapa Gejala Parkinson yang Lain

Gejala parkinson sekunder mungkin merupakan kombinasi dari salah satu atau beberapa gejala primer, atau mungkin muncul lebih jarang, atau gejala itu relatif ringan. Akan tetapi, beberapa gejala sekunder dapat mengakibatkan ketidakmampuan berat. Tidak setiap penderita parkinson mempunyai jumlah atau bauran gejala sekunder yang sama, gejala itu bervariasi dari orang yang satu ke orang yang lain. Memahami gejala-gejala ini dapat mengurangi dampaknya pada kehidupan Anda. Malfungsi kandung kemih, sembelit, meneteskan air liur, dan kesulitan berjalan semuanya termasuk gejala parkinson yang sekunder.

Kehilangan daya penciuman (Anosmia)

Anosmia mungkin adalah gejala parkinson yang awal. Keadaan ini diakibatkan oleh hilangnya sel-sel dopamin di daerah otak yang disebut korteks olfaktorius. Bau dari benda-benda yang sudah dikenal seperti kopi yang baru diseduh, roti yang dipanggang, atau parfum mungkin tidak lagi dikenali atau diketahui. Kehilangan daya penciuman dapat juga memengaruhi kemampuan untuk mencecap, menyebabkan menurunnya selera makan dan penurunan berat badan. Pasien parkinson yang kehilangan selera makan karena anosmia mungkin menyukai makanan yang menggunakan banyak bumbu atau penyedap rasa.

Otot sakit

Sakit akibat distonia: Kejang otot atau “charley horse” adalah kontraksi atau mengejangnya otot atau kelompok otot yang kuat, menyakitkan yang muncul tiba-tiba dan berlangsung antara beberapa detik sampai beberapa jam. Biasanya kejang ini terjadi di betis atau kaki Anda (namun dapat juga menyerang lengan, badan, punggung, dan leher) sewaktu Anda istirahat di tempat tidur atau berolahraga. setelah kejang hilang, otot yang kejang tadi mungkin terasa nyeri selama beberapa jam. Pada parkinson, penyebab umum dari otot kejang adalah distonia: otot atau kelompok otot yang terpelintir dalam jangka waktu lama. Kejang seperti itu biasanya terjadi di malam hari, ketika Anda sedang istirahat dan kadar obat rendah. Bila rasa sakit terus bertahan walaupun dosis obat Anda sudah diubah, penyebab lain harus dicari. Bila Anda merasa sakit dari tungkai yang kejang, penyebab lain mungkin adalah terjepitnya saraf di punggung.

Rasa sakit dari kekakuan: Rasa sakit samar-samar yang menggerogoti seperti sakit artritis atau sakit gigi, memengaruhi bahu, leher, punggung, atau pinggul Anda, bagian-bagian utama yang menanggung berat badan Anda, mungkin muncul awal pada parkinson. Sakit seperti ini berkaitan dengan kekakuan dan dapat dihilangkan ketika agonis dopamin seperti carbidopa / levodopa atau Stalevo mulai digunakan.

Kita perlu ingat bahwa penderita parkinson dapat merasa sakit karena sebab yang lain, sama seperti orang bukan penderita parkinson. Ketika rasa sakit hebat dan tidak kunjung hilang, jangan langsung menganggap itu berkaitan dengan parkinson dan penyebab lain perlu dicari.

Kelelahan

Lebih dari 50% orang penderita parkinson mengeluh merasa lelah dan, pada beberapa orang, kelelahan adalah gejala yang paling membuat orang tersebut menjadi tidak mampu. Kelelahan dapat berarti hal yang lain bagi orang yang berbeda. Bagi beberapa orang, kelelahan merujuk pada rasa mengantuk, bagi orang lain, mungkin diartikan sebagai menurunnya kekuatan mental atau fisik. Beberapa pasien mungkin merasa kombinasi ketiganya.

Pengobatan untuk lelah mungkin termasuk makan diet seimbang dan istirahat yang cukup; olahraga secara reguler namun jangan sampai lelah; memperbaiki tidur di malam hari; meningkatkan irama kecepatan fisik Anda sendiri, secara emosional, dan secara intelektual, karena terlalu banyak stres dapat memperburuk gejala-gejala; menyesuaikan dosis obat anti parkinson; dan mengobati depresi bila memang diperlukan.

Wajah seperti Topeng

Wjah seperti Topeng, atau hipomimia, adalah hilangnya ekspresi wajah mengakibatkan “wajah tanpa ekspresi” atau “wajah bertopeng” (seperti orang yang mengenakan topeng). Wajah seperti topeng mengakibatkan pasien tidak mengedipkan matanya, tidak tersenyum, dan sering terlihat sedih. Wajah bertopeng karena kekakuan dan kelambatan otot wajah dan sering merupakan salah satu dari gejala pertama yang berhasil diperbaiki dengan obat anti parkinson.

Tulisan Tangan

Mikrografia adalah tulisan tangan yang kecil, mampat yang diakibatkan dari kombinasi kelambatan gerakan, gerakan yang tidak lengkap, dan kekakuan. Dalam kurun waktu beberapa tahun, tanpa Anda menyadarinya, tulisan tangan Anda menjadi lebih kecil dan lebih mampat, kadang-kadang menjadi sama sekali tidak terbaca. Menulis sebuah kalimat sederhana, sekali sehari, seperti “Ini adalah contoh terbaik tulisan tanganku,” merupakan cara yang baik sekali untuk mengetahui proses perjalanan parkinson Anda: ketika gejala berkurang, tulisan tangan Anda menjadi lebih besar dan tidak terlalu mampat.

Gejala ParkinsonApakah Kandung Kemih yang Terlalu Aktif Merupakan Bagian dari Parkinson?

This entry was posted in Parkinson. Bookmark the permalink.