Gejala SLE yang Telah Berhasil Disinyalir

Pada tahun 1982 The American College of Rheumatology memutuskan satu set kriteria yang menandai 98% keakuratan lupus. Jika Anda mengalami minimal 4 gejala berikut ini, boleh dikatakan Anda memang mendapat serangan lupus.

* Bercak kemerahan (malar) yang bentuknya khas pada wajah.

* Bercak yang khas (discoid) yang disebabkan terpapar sinar matahari.

* Fotosensitivitas pada kulit (mudah terbakar oleh sinar matahari).

* Borok/luka/bisul di mulut atau di atasnya (nasofarink).

* Arthritis pada minimal dua macam sendi dengan gejala rasa sakit, bengkak, rasa panas, kemerahan.

* Radang pada membran jantung atau paru (serositis).

* Kelainan ginjal yang ditandai dengan tes fungsi ginjal (misalnya adanya protein dalam urine merupakan pertanda bahwa ginjal sudah terpengaruh lupus).

* Psikosis (gangguan kejiwaan).

* Abnormalitas jumlah sel darah yang rendah yang diketahui dari pemeriksaan laboratorium darah lengkap (complete blood count, CBC).

* Antinuclear-antibodies, diketahui dari pemeriksaan laboratorium yang spesifik. Hampir semua penyandang lupus dinyatakan positif dengan cara tes antibodi ini. Antinuklir-antibodi adalah antibodi yang dipercaya memberikan kontribusi yang menyebabkan lupus.

* Disfungsi sistem imun. Pada penyandang lupus banyak ditemukan antibodi-antibodi lainnya. Antibodi-antibodi ini dapat dideteksi dengan tes khusus laboratorium.

* Gejala pada SLE bervariasi dari yang lunak sampai yang ekstrem parah dan tak bertenaga/lemah. Ada pasien-pasien yang hanya mengalami gejala pada sebagian tubuhnya saja (misalnya hanya pada kulit). Namun ada pasien-pasien yang menderita beberapa gejala pada beberapa bagian tubuhnya. Tiap kasus bersifat unik. Meskipun gejala lupus bersifat kronis, namun biasanya tampak jelas dan sebentar-sebentar mereda.

* Gejala umum (terdapat pada 4 dari 5 pasien lupus) adalah :
– Sendi-sendi membengkak dan sakit, biasanya dialami oleh sendi-sendi kecil di jari-jari tangan dan kaki. Kadang hanya terasa sakit saja atau terasa panas.
– Demam, pada pasien lupus hanya satu atau dua derajat lebih tinggi dari temperatur normal. Namun cukup membuat tubuh terasa tidak sehat.
– Rasa sangat lelah, kehilangan nafsu makan, berat badan turun. Semua ini merupakan tanda penyakit kronis.
– Ruam kemerahan pada kulit wajah, terutama di hidung dan pipi. Umumnya pasien lupus mendapat satu atau dua ruam pada kulit wajah atau kulit yang terpapar matahari.

* Gejala lainnya dari SLE adalah :
– Rambut rontok, ini merupakan gejala sangat umum pada pasien lupus. Kerontokan rambut tidak menyeluruh, tapi sebagian-sebagian tidak merata (patchy).
– Sakit di dada dan sulit saat bernapas, ini pertanda jantung atau paru sudah diserang lupus, dan merupakan masalah serius.
– Radang ginjal, gejalanya tidak tampak, tetapi diketahui dari hasil pemeriksaan urine di laboratorium. Radang ginjal merupakan salah satu komponen paling berbahaya dari lupus.
– Tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan radang pembuluh darah (vasculitis) atau awal penyakit / gangguan ginjal. Tak ada gejala, namun tekanan darah tinggi harus ditanggulangi.
– Anemia atau gangguan darah lainnya, masalah gangguan darah bisa merupakan efek langsung dari penyakit darah dan penyakit pembentukan elemen darah. Atau merupakan hasil dari penyakit ginjal dan vaskuler yang telah lanjut. Penyakit-penyakit ini menyebabkan Anda mudah lelah.
– Sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, ini merupakan efek yang aneh dari lupus. Usahakan jangan terpapar sinar matahari secara langsung.
– Penyakit Raynaud dan fenomena, mengurangi sirkulasi ke tangan, terutama pada saat cuaca dingin. Akibatnya tangan terasa sakit atau kemerahan.
– Pembengkakan sekitar mata. Ini pertanda penyakit ginjal.
– Pembengkakan kelenjar-kelenjar, misalnya kelenjar limfe di leher. Dalam sistem imun, kelenjar itu merupakan ‘prajurit’ di garis depan dalam memerangi serangan ‘musuh’. Kelenjar tersebut membengkak ketika sistem imun sedang ‘berperang’ melawan infeksi atau kondisi yang merugikan tubuh lainnya.
– Sakit kepala, penyebabnya bisa macam-macam. Tapi jika Anda penyandang lupus, maka Anda harus ke dokter.
– Pusing/pening, jika Anda penyandang lupus, maka ini merupakan tanda tekanan darah rendah atau efek langsung dari lupus yang mengenai otak alias serangan lupus ke otak. Jangan abaikan, langsung saja ke dokter .
– Stroke, juga merupakan serangan langsung ke otak jika Anda penyandang lupus. Segera ke dokter.
– Radang jantung, pembuluh jantung, atau pericarditis (radang kantung kantung), jika Anda penyandang lupus, maka inflamasi pada kantung bisa berakibat banyak hal, tergantung pada organ mana radang tersebut menetap. Gejalanya bisa berupa napas pendek. Sakit dada, detak jantung yang tidak beraturan, atau kepala terasa ringan.

Diagnosis SLE | Mencegah SLE

This entry was posted in Lupus. Bookmark the permalink.