Gejala Umum Gangguan Jantung (Bagian 2)

F. Sakit Perut dan Muntah-muntah

Banyak orang yang mengalami sakit perut atau muntah saat mengalami serangan jantung. Dan pembengkakan perut terkait gagal jantung bisa mengganggu selera makan. Gejala inipun bisa diikuti oleh gejala lainnya.

Seringkali gejala awal gagal jantung terdeteksi melalui keluhan mual, sebagai akibat gangguan sistem pencernaan terutama organ hati yang mengalami pembesaran (Cardiac Liver), rasa begah dan mual pada lambung juga akibat organ lambung tersebut yang mengalami bendungan aliran darah akibat tidak lancarnya darah balik ke jantung kanan (Congestive Gaster), pola makan sedikit-sedikit dan sering menyesuaikan dengan kondisi lambungnya akan membantu keluhan kembung dan begah. Dalam kondisi demikian, selera makan juga akan jauh berkurang karena adanya rasa mual (enek) dan kembung yang semakin hari semakin menonjol karena penyakit dasarnya tidak terdeteksi dan terobati dengan baik.

G. Rasa Sakit di Bagian Lain Tubuh

Pada sebagian besar serangan jantung, rasa sakit mulai di dada dan mnyebar ke bahu, lengan, siku, punggung, leher, rahang atau perut. Tapi pada beberapa kasus, pasien tidak mengalami rasa sakit di bagian dada, hanya rasa sakit di area tubuh lainnya. Rasa sakitnya bisa datang dan pergi. Laki-laki yang mengalami serangan jantung seringkali merasakan sakit di lengan kiri. Sedang pada perempuan, rasa sakit cenderung terasa di kedua lengan atau di antara tulang belikat. Denyut nadi cepat atau tidak teratur. Dokter menyatakan bahwa Anda tidak perlu mencemaskan denyut jantung yang kadang-kadang melompat. Tapi denyut nadi yang cepat atau tidak teratur, khususnya jika diikuti dengan perasaan lemah, pusing atau sesak napas, bisa menandakan adanya serangan jantung, gagal jantung atau aritmia. Jika tidak ditangani, beberapa aritmia bisa menyebabkan stroke, gagal jantung, atau kematian tiba-tiba.

Pada dasarnya gejala serangan jantung pada wanita dan pria hampir sama tetapi pada wanita seringkali karena faktor hormonal dan kadang-kadang pada kaum wanita tidak selalu dibawa ke rumah sakit sehingga seolah-olah pasien penyakit jantung yang ada di rumah sakit kebanyakan laki-laki, dan karena faktor ini pasien wanita yang terdeteksi di rumah sakit biasanya pada tahap yang lebih berat.

H. Sesak Napas dan Nyeri

Orang-orang yang merasa kehabisan napas saat istirahat atau melakukan aktivitas ringan kemungkinan memiliki gangguan pernapasan seperti asma atua chronic obstructive pulmonary disease (COPD). Tapi, sesak napas juga bisa menjadi pertanda serangan atau gagal jantung. Kadang-kadang, orang yang mengalami serangan jantung tidak merasakan adanya tekanan atau rasa sakit di dada. Mereka hanya benar-benar merasakan sesak napas. Rasanya seperti lari maraton padahal Anda sama sekali tidak bergerak. Selama serangan jantung, sesak napas seringkali ditemani rasa tidak nyaman di dada. Tapi, sesak napas juga bisa muncul sebelum atau tanpa rasa tidak nyaman di dada.

Sesak napas karena kekurangan oksigen yaitu ‘Air Hunger’ akibat gangguan sirkulasi sehingga oksigennya tidak mencukupi kebutuhan metabolisme tubuh. Perbaikan penyakit ini dilakukan dengan memperbaiki sistem sirkulasi sehingga memulihkan oksigenenasi jaringan supaya rasa sesak napasnya pun akan berkurang.

I. Sering Berkeringat

Keringat dingin merupakan gejala umum serangan jantung. Kemungkinan Anda sedang duduk saat tiba-tiba Anda benar-benar berkeringat seolah-olah baru bekerja keras.

Keringat yang timbul berupa keringat dingin sebagai akibat nyeri dada atau menahan nyeri yang hebat pada serangan jantung tersebut. Keringat dingin pertanda yang jelas atau bermakna untuk suatu ‘angina’ atau nyeri serangan jantung.

J. Pembengkakan Akibat Cairan Tubuh

Gagal jantung bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Hal ini bisa memicu pembengkakan (sering terjadi di telapak kaki, mata kaki, kaki, atau perut). Kondisi ini juga bisa memicu penambahan berat badan tiba-tiba serta hilangnya selera makan.

Bengkak yang timbul sebagai konsekuensi bendungan (kongestif) akibat gagalnya pompa jantung biasanya didahului bengkak di kaki, lalu ke perut, pemberian obat-obat jantung yang disertai obat diuretik (pencahar) akan banyak membantu mengatasi keluhan ini.

K. Lemah Kronis

Sebelum atau selama terjadinya serangan jantung, beberapa orang mengalami perasaan lemah kronis tanpa sebab yang jelas. Pada seseorang yang mengalami gagal jantung memang akna mengalami kelemahan secara umum atau yang datangnya tiba-tiba. Rasa lemah ini disebabkan terganggunya sistem peredaran darah, atau kurangnya pasokan oksigen maupun nutrisi ke organ-organ tubuh yang disuplai oleh jantung. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka akan terjadi kematian sebagian atau seluruh organ tubuh. Berkurangnya suplai oksigen atau nutrisi ke bagian-bagian organ tubuh disebabkan oleh terjadinya penyumbatan atau kelelahan pada jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Gejala Umum Gangguan Jantung (Bagian 1)

This entry was posted in Penyakit Jantung. Bookmark the permalink.