Hidup Sehat dengan Terapi Enzim

Sehat itu rasanya nikmat sekali dan sakit itu rasanya sangat menyengsarakan baik lahir maupun batin. Apapun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat memberikan manfaat dan juga dampak negatif pada kesehatan.

Di negara kita Indonesia banyak orang yang memiliki pola makan salah, sehingga memicu berbagai penyakit dan gangguan pada jantung dan pembuluh darah yang disebut sebagai PJP (Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah). Bosan kita mendengar si A kena stroke, si B kena serangan jantung, si C kena diabetes / kencing manis, si D terkena darah tinggi, si E kena asam urat, dan lain-lain.

Jika Anda mencari alternatif obat baru untuk banyak penyakit, maka informasi ini tepat untuk Anda. Informasi ini berbicara tentang salah satu dari obat alternatif yang disebut enzim pencernaan. Selain itu, informasi ini juga memberi beberapa alasan mengapa Anda harus membawa mereka (enzim).

Diperlukan enzim pencernaan agar kita menjadi hidup. Ini adalah alasan pertama mengapa kita harus mempuyai terapi enzim pencernaan. Makanan enzim seperti enzim pencernaan tidak sepenuhnya baru. Mereka telah diketahui ada sejak zaman Hippocrates. Juga telah lama diakui bahwa banyak penyakit yang berkaitan dengan diet yang tidak tepat dan gizi buruk.

Enzim pencernaan melindungi kita dari penyakit. Ini adalah alasan kedua mengapa kita harus mempunyai terapi enzim pencernaan. Enzim pencernaan sangat berpengaruh terhadap seluruh fungsi kekebalan tubuh kita. Enzim pencernaan yang terkandung dalam sel darah putih seperti lipase, protease, amilase, basa phospatase, dan peptidase adalah sebagian daripada jus pankreas. Mereka semua meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Pencernaan enzim digunakan untuk mengobati berbagai penyakit juga. Ini adalah alasan ketiga mengapa kita harus mempunyai terapi enzim pencernaan. Bromelain, salah satu enzim pencernaan yang diketahui digunakan untuk mengurangkan keradangan pada sendi, rheumatism, dan otot tulang cedera. Hal ini tidak mempunyai efek samping. Enzim protease lain yang menyumbang untuk memperlambat tumor metastasis dan usus. Ini juga mengurangkan sakit kanker.

Enzim pencernaan juga penting jika Anda ingin mencapai dan memelihara kulit yang sehat. Ini adalah alasan keempat. Enzim pencernaan membantu memperbaiki kulit, rambut, dan kuku dengan meningkatkan darah ke kulit dan tubuh. Kemudian pencernaa yang lebih baik juga meningkatkan sirkulasi, dan sirkulasi membantu membawa nutrisi yang tepat untuk kulit serta membersihkan produk-produk sisa yang membuat kulit kusam dan berkerut.

Alasan terakhir, enzim pencernaan digunakan untuk mengobati obesitas dan kelebihan berat badan. Enzim pencernaan seperti lipase rosak, melarutkan lemak yang disimpan dalam tubuh kita dan menukarnya menjadi tenaga. Tanpa lipase, lemak terakumulasi dan disimpan dalam arteri, organ, dan kapilari. Protease juga memecah protein dan menghilangkan racun. Jika tubuh Anda mengandung terlalu banyak racun, tubuh Anda juga menyimpan kelebihan lemak. Itu sebabnya protease berfungsi penting dalam kehilangan lemak.

Bila Anda tidak mau terkena penyakit macam-macam akibat makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh Anda, maka ubahlah pola makan Anda menjadi pola makan yang baik dan benar.

Untuk memperoleh pola makan yang sehat itu paling tidak ada 3 kriteria yang harus kita penuhi antara lain sebagai berikut :

1. Jumlah makanan yang kita konsumsi

Kita harus menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan jumlah energi yang kita keluarkan. Apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari energi yang kita keluarkan maka kita akan mengalami kelebihan berat badan.

Selain jumlahnya, komposisi pun harus seimbang seperti karbohidrat sebanyak 60 – 70%, protein sebanyak 10 – 15%, lemak sebanyak 20 – 25%, vitamin dan mineral (A, D, E, K, B, C, dan Ca).

2. Jenis makanan yang kita konsumsi

Jenis makanan yang kita konsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan nutrien spesifik.

Karbohidrat kompleks bisa kita penuhi dari gandum, beras, terigu, buah dan sayuran. Pilih karbohidrat yang berserat tinggi dan kurangi karbohidrat yang berasal dari gula, sirup dan makanan yang manis-manis. Konsumsi makanan yang manis paling banyak 3 – 5 sendok makan per hari.

Kebutuhan tubuh akan serat sebanyak lebih dari 25 gram per hari. Untuk memenuhinya dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur.

Konsumsi protein harus lengkap antara protein nabati dan hewani. Sumber protein nabati dapat didapat dari kedelai, tempe dan tahu, sedangkan protein hewani berasal dari ikan, daging (sapi, ayam, kerbau, kambing).

Tubuh manusia juga membutuhkan lemak, akan tetapi konsumsi lemak yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif, untuk itu dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi lemak.

Sumber vitamin dan mineral terdapat pada vitamin A (hati, susu, wortel, dan sayuran), vitamin D (ikan, susu, dan kuning telur), vitamin E (minyak, kacang-kacangan, dan kedelai), vitamin K (brokoli, bayam dan wortel), vitamin B (gandum, ikan, susu, dan telur), serta kalsium (susu, ikan, dan kedelai).

3. Jadwal makan

Jadwal makan harus teratur, lebih baik makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering dan teratur daripada makan dalam porsi banyak tapi tidak teratur.

Sedangkan Direktorat Gizi Masyarakat Republik Indonesia mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang sebagai berikut :

1. Makanlah aneka ragam makanan.
2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi.
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.
4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi.
5. Gunakan garam beryodium.
6. Makanlah makanan sumber zat besi.
7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur empat bulan.
8. Biasakan makan pagi.
9. Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya.
10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur.
11. Hindari minum minuman beralkohol.
12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.
13. Bacalah tabel pada makanan yang dikemas.

Cara Melakukan Terapi EnzimTerapi Penyakit Jantung dengan Enzim

This entry was posted in Enzim. Bookmark the permalink.