Identifikasi Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)

Identifikasi kanker ovarium atau indung telur dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah dan ultrasound. Dengan teknik ini, diharapkan kanker ovarium yang mungkin tumbuh dalam ovarium dapat diketahui sejak dini dan dapat dilakukan pengobatannya.

Sebuah studi yang melibatkan 200.000 perempuan menunjukkan bahwa penggunaan kedua pemeriksaan tersebut secara bersamaan dapat menemukan 90% kasus kanker ovarium. Sementara itu, penggunaan ultrasound saja setiap tahun dapat mengungkap 75% kasus. Hampir separuh kasus berada pada tahap dini I dan tahap II. Pada tahap itu kanker belum menyebar luas dan kadang masih dapat diobati.

Penemuan ini sangat bermanfaat dan memberikan angin segar bagi banyak orang, mengingat hampir separuh kanker ovarium yang dideteksi masih berada pada tahap awal, ketika angka kelangsungan hidup dapat setinggi 90%.

Kanker ini telah menewaskan banyak orang, misalnya saja di Amerika Serikat pada 2008. Kanker ini telah didiagnosis pada lebih dari 21.000 perempuan dan telah menewaskan 15.000 orang. Pemeriksaan darah CA 125 dan pemeriksaan ultrasound transvagina, belakangan ini telah berhasil memberikan informasi yang lebih bermanfaat kepada para dokter.

Penyebab Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur) | Gejala Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)

This entry was posted in Kanker Ovarium. Bookmark the permalink.