Informasi Osteoartritis Khusus Pada Wanita

Lutut merupakan bagian kaki yang kadang-kadang dianggap sepele oleh kebanyakan orang, mereka kurang memperhatikan dan menganggap lutut mereka kuat dan tidak akan terjadi apa-apa, meskipun ditekan orang untuk berpegangan atau menahan diri seseorang agar tidak jatuh. Padahal itu merupakan anggapan yang salah, apalagi jika dibebani atau menahan orang yang berberat badan besar atau obesitas. Karena ternyata lutut, apalagi lutut wanita, termasuk kategori yang agak lemah. Dibandingkan dengan persendian lain, lutut bekerja paling keras. Wanita memiliki resiko dua kali lipat terkena cedera dan osteoartritis pada lutut dibandingkan pria. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa osteoartritis adalah saat Anda merasa nyeri pada lutut Anda, dan gejala-gejala Anda terkena osteoartritis lutut adalah :

* nyeri pada lutut
* merasa kaku dan hangat pada persendian
* kadang-kadang terkena suara gemeretak sewaktu lutut Anda digerakkan.

Beberapa faktor yang menyebabkan wanita lebih rentan cedera lutut osteoartritis dibandingkan pria, sebagai berikut :

1. Pinggul wanita lebih lebar

Memang pinggul lebar diidamkan oleh wanita, karena dapat melancarkan proses persalinan, merupakan suatu faktor positif dan menguntungkan. Namun di samping itu, ada pula faktor negatifnya yaitu, ternyata memiliki pinggul yang lebar, mengakibatkan kaki lebih merapat ke bagian lutut, sehingga tekanan pada lutut tidak merata.

2. Massa otot

Massa otot wanita di sekitar lutut wanita lebih sedikit daripada pada pria.

3. Pada masa mengalami menstruasi, kadar estrogen dalam tubuh meningkat atau meninggi. Pada masa-masa ini wanita amat rentan terkena cidera lutut.

Jangan menunggu osteoartritis menjadi lebih parah lagi, karena kaki maupun lutut merupakan aset yang penting dan berharga. Karenanya cobalah beberapa cara agar terbebas dari osteoartritis, antara lain cobalah mengompres lutut dengan air hangat, sempatkan berjemur di bawah sinar matahari pagi, hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. Jika nyeri pada lutut yang dirasakan makin lama makin sakit dan mengganggu, segeralah periksakan ke dokter, agar segera mendapat penjelasan, pengobatan, dan tindakan operasi untuk penggantian lutut dengan bahan mental dan plastik misalnya, jika itu memang yang terbaik untuk lutut Anda.

Osteoartritis Pada Anak (Bagian 5)

This entry was posted in Osteoartritis. Bookmark the permalink.