Ingin Bunuh Diri

Wanita usia setengah baya (artinya ia sudah memasuki masa menopause) bisa jadi mengalami perasaan melankolis. Perasaan melankolis ditandai dengan perasaan tidak bersemangat untuk hidup lebih lama disebabkan tidak sanggup lagi menderita beban kehidupan. Perasaan seperti ini juga bisa terjadi pada orang-orang muda. Namun jika perasaan melankolis terjadi pada usai tengah baya, berarti penyebabnya adalah perubahan hormon, yaitu menurunnya produksi hormon-hormon kewanitaan (disebabkan bertambahnya usia) yang berakibat kekacauan fungsi-fungsi organ-organ tubuh. Wanita yang ingin bunuh diri itu tentunya dilanda depresi, rasa sedih, cemas dan semacamnya yang mungkin tanpa diketahui penyebabnya secara jelas. Mungkin ia kesepian karena suaminya sudah meninggal dan anak-anaknya sibuk sendiri-sendiri. Ia merasakan kesedihan yang mendalam dan ia tak sanggup lagi menerima beban batin imajinatif yang dirasakannya lagi, sehingga timbul niatnya untuk bunuh diri. Perubahan cara berpikir dan cara mempersepsi suatu kondisi merupakan pertanda khas perilaku melankolis.

Melankolis adalah salah satu dari empat tipe kepribadian. Keempat tipe kepribadian tersebut adalah tipe melankolis, tipe sanguinis, tipe koleris, dan tipe plegmatis. Kita hanya akan membahas tipe melankolis.

Orang dengan tipe melankolis adalah seorang yang perfeksionis, yaitu serba sempurna. Segalanya ia selesaikan tidak saja dengan baik tetapi, harus sempurna. Segala sesuatu ia pikirkan dengan mendalam dan penuh pertimbangan karena itu ia orang yang serius dan tekun. Ia memasang standar tinggi dalam pekerjaan, walaupun ia rela berkorban untuk itu, yaitu untuk hal-hal yang ia targetkan. Dalam berteman pun ia berhati-hati, sifatnya tertutup dan cenderung pesimistis. Ia orang yang setia.

Namun karena segala sesuatu merupakan penafsiran pribadi, maka ia mudah terjebak dalam pemikiran yang negatif jika ia kecewa. Misalnya, jika ia merasa tersudutkan dengan berpikir bahwa ia tidak berguna lagi bagi keluarganya, atau ia kehilangan orang terdekat yang dicintainya, atau ia kehilangan segalanya karena bencana alam, maka kemungkinan besar orang-orang dengan kepribadian semacam ini akan mengambil jalan pendek, yaitu bunuh diri.

Memang ada hal-hal kuat yang memicu orang dengan kepribadian melankolis menjadi semakin parah, antara lain:

* Kematian pasangan atau keluarga dekat yang sangat dicintainya.
* Perceraian atau mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) yang membuatnya putus asa.
* Sakit berat yang tidak mungkin sembuh dan membuatnya tidak berdaya.
* Kehilangan segalanya karena bencana alam.
* Depresi berat yang biasanya dialami oleh para lansia.

Makanan Bagi yang Sering Depresi | Cara Lain Meredakan Perasaan Ingin Bunuh Diri

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.