Kanker Paru-paru

Definisi Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah keganasan pertumbuhan sel yang terdapat dalam jaringan paru-paru. Menurut WHO, kanker paru-paru merupakan penyebab utama kematian dalam kelompok kanker, baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru berkontribusi pada 32% kematian pria dan 25% kematian wanita penderita kanker. Adapun 90% penderita kanker paru-paru adalah perokok aktif dan mantan perokok.

Ada korelasi antara insiden kanker paru-paru dengan rata-rata jumlah rokok yang dihisap per harinya oleh seseorang. Satu dari 9 perokok berat akan menderita kanker paru-paru. Belakangan sejumlah laporan penelitian menyatakan bahwa perokok pasif pun beresiko terkena kanker paru-paru. Anak-anak yang terpapar asap rokok selama 25 tahun, pada usia dewasa kemungkinannya terkena resiko kanker paru-paru dua kali lipat jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terpapar. Perempuan yang hidup dengan suami / pasangan perokok juga terkena resiko kanker paru-paru 2 – 3 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan perempuan yang suaminya bukan perokok.

Merokok satu pak per hari meningkatkan resiko kanker paru-paru sebesar 10 kali lipat; merokok dua pak per hari meningkatkan resiko kanker 25 kali lipat. Fakta di Amerika : dari 180.000 orang yang divonis kanker paru-paru setiap tahunnya, 86% akan meninggal dalam jangka 5 tahun sejak terdiagnosis. Kanker paru-paru sangat terkait dengan kebiasaan merokok. Baik perokok pasif maupun aktif, keduanya sama-sama beresiko tinggi terserang kanker paru-paru. Diperkirakan 25% penderita kanker paru-paru non perokok berasal dari kalangan perokok pasif.

Mengapa kanker paru-paru sangat mengancam jiwa penderitanya? Sebab sifatnya cenderung menyebar atau bermetastasis. Kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ di dalam tubuh; terutama pada kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang. Maka kanker ini tergolong salah satu jenis kanker yang paling sulit diobati. Apalagi kanker paru-paru (biasanya yang jenis adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) kadang kala terjadi pada orang yang paru-parunya memang telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya, misalnya tuberkulosis dan fibrosis.

Jenis Kanker Paru-paru

Ada dua jenis utama kanker paru-paru. Keduanya berbeda karakter sehingga memerlukan penanganan yang berbeda pula. Keduanya adalah :

1. Non Small Cell LUng Cancer (NSCLC)
2. Small Cell Lung Cancer (SCLC)

Non Small Cell Lung Cancer masih terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu :

* Karsinoma squamosa; jenis kanker ini seringkali disebabkan karena rokok.
* Adenokarsinoma; jenis ini berkembang dari sel-sel yang memproduksi lendir (dahak) pada permukaan saluran udara (airways).
* Karsinoma sel besar; bentuk sel kanker ini di bawah mikroskop sesuai dengan namanya, yaitu sel-sel bundar besar. Sering disebut juga undifferentiated carcinoma.

Lebih dari 80% kasus kanker paru-paru merupakan jenis NSCLC.

Home | Penyebab Kanker Paru-paru

This entry was posted in Kanker Paru-paru. Bookmark the permalink.