Kanker Prostat dan Penyebab Kanker Prostat

Definisi Kanker Prostat

Pernahkah Anda mengetahui secara pasti apa yang disebut dengan kanker prostat? Kanker prostat adalah tumor ganas yang menyerang tubuh dalam kelenjar prostat. Kanker ini memang menyerang pada pria. Kanker ini biasanya menyerang alat reproduksi. Kanker ini sangat sering terjadi pada pria dan merupakan salah satu pembunuh nomer 3 pada pria. Kanker ini merupakan penyebab utama dari kematian pria yang telah berusia diatas 74 tahun. Kanker prostat jarang ditemui pada pria yang berusia kurang dari 40 tahun. Hasil dari penelitian mikroskopik terhadap jaringan prostat pasca-pembedahan maupun pada otopsi menunjukkan bahwa terdapat kanker pada pria yang berusia 70 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Kebanyakan kanker prostat ini penyebarannya sangat lambat.

Kanker prostat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu :

* Stadium A : adanya benjolan dalam kelenjar prostat yang tidak dapat diraba pada pemeriksaan secara fisik, dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja setelah pembedahan prostat karena penyakit lain.

* Stadium B : benjolan atau tumor pada prostat yang sudah dapat diketahui secara diraba atau secara pemeriksaan fisik atau dengan tes PSA.

* Stadium C : pada stadium ini, tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat, tetapi masih belum terlalu parah dan belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening.

* Stadium D : pada stadium ini kanker sudah sangat berbahaya karena kanker prostat sudah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun pada bagian tubuh lainnya (misalkan, tulang dan paru-paru).

Penyebab Kanker Prostat

Penyebab kanker prostat ini tidak diketahui secara pasti, namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kanker prostat memiliki hubungan antar diet tinggi lemak dan meningkatnya kadar hormon testosteron. Biasanya, kanker ini lebih tinggi dialami oleh pria yang memiliki kulit hitam yang berusia diatas 60 tahun, dan sangat jarang ditemukan pada pria di Jepang.

Home | Gejala Kanker Prostat dan Diagnosis Kanker Prostat

This entry was posted in Kanker Prostat. Bookmark the permalink.