Kanker Vagina

Definisi Kanker Vagina

Kanker vagina adalah tumor ganas pada vagina. Vagina adalah saluran sepanjang 7,5 – 10 cm; ujung atasnya berhubungan dengan serviks (leher rahim / bagian terendah dari rahim), sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva. Dinding vagina dilapisi oleh epitelium yang terbentuk dari sel-sel skuamosa. Di bawah epitelium terdapat jaringan ikat, otot involunter, kelenjar getah bening dan persarafan. Dinding vagina memiliki banyak lipatan yang membantu vagina tetap terbuka selama hubungan seksual atau proses persalinan berlangsung.

Ada beberapa jenis kanker vagina :

1. Karsinoma sel skuamosa (85 – 90%)

Berasal dari lapisan epitelium vagina. Lebih banyak ditemukan di vagina bagian atas. Karsinoma skuamosa biasanya ditemukan pada wanita berusia 60 – 80 tahun. Karsinoma verukosa adalah sejenis karsinoma sel skuamosa yang tumbuhnya lambat. Karsinoma ini tumbuh ke arah rongga vagina dan tampak seperti kutil atau bunga kol.

2. Adenokarsinoma (5 – 10%)

Adenokarsinoma paling sering terjadi pada wanita berusia 12 – 30 tahun.

3. Melanoma maligna (2 – 3%)

Berasal dari sel-sel penghasil pigmen, lebih banyak ditemukan di vagina bagian bawah.

4. Sarkoma (2 – 3%)

Kanker ini tumbuh jauh di dalam dinding vagina, bukan pada epitelium. Ada beberapa jenis sarkoma, yang paling sering ditemukan adalah leiomiosarkoma, yang menyerang wanita berusia 50 tahun ke atas. Rabdomiosarkoma adalah kanker pada masa kanak-kanak, biasanya terjadi sebelum usia 3 tahun. Sel-selnya mirip dengan sel otot volunter, yang merupakan suatu jaringan yang dalam keadaan normal tidak ditemukan pada dinding vagina.

Karsinoma sel skuamosa tidak tumbuh secara tiba-tiba, kanker ini berkembang selama bertahun-tahun dari suatu perubahan prakanker pada vagina yang disebut neoplasi intraepitel vagina (NIVA).

Home | Penyebab Kanker Vagina

This entry was posted in Kanker Vagina. Bookmark the permalink.