Kanker Vulva

Apa itu Kanker Vulva?

Kanker vulva adalah tumor ganas yang terdapat pada vulva. Vulva merupakan bagian terluar dari sistem reproduksi wanita yang meliputi labia, lubang vagina, lubang uretra, dan klitoris. Tiga hingga empat persen kanker pada sistem reproduksi wanita merupakan kanker vulva dan biasanya terjadi setelah menopause.

Jenis Kanker Vulva

Terdapat beberapa jenis kanker vulva yang dapat diidentifikasi dari karakter kanker vulva tersebut.

1. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa adalah kanker yang berasal dari sel-sel skuamosa yang merupakan jenis sel kulit yang utama. Kanker jenis ini biasanya terbentuk secara perlahan selama bertahun-tahun dan biasanya didahului oleh perubahan prakanker yang mungkin berlangsung selama beberapa tahun.

Istilah kedokteran yang sering digunakan untuk keadaan prakanker ini adalah neoplasma intraepitel vulva (NIV). Intraepitel artinya sel-sel prakanker terbatas pada epitel yang merupakan lapisan permukaan pada kulit vulva. NIV terbagi dalam tiga kelompok menurut tingkat keparahannya dari yang terendah sampai yang terberat. Istilah lain dari NIV adalah displasia.
* NIV1 atau displasia ringan
* NIV2 atau displasia menengah
* NIV3 atau displasia berat
* Karsinoma in situ
* Karsinoma invasif

2. Melanoma

Melanoma berasal dari sel penghasil pigmen yang memberikan warna pada kulit.

3. Sarkoma

Sarkoma adalah tumor jaringan ikat di bawah kulit yang cenderung tumbuh dengan cepat. Sarkoma vulva bisa menyerang pada semua usia, golongan, bahkan anak-anak.

4. Karsinoma sel basal karsinoma

Sel basal ini sangat jarang terjadi pada vulva karena biasanya menyerang pada kulit yang tersengat oleh sinar matahari.

5. Adenokarsinoma

Sebagian kecil kanker vulva berasal dari adenokarsinoma. Beberapa diantaranya berasal dari kelenjar bartholin yang ditemukan pada lubang vagina dan menghasilkan cairan pelumas yang menyerupai lendir. Kebanyakan kanker kelenjar bartholin adalah adenokarsinoma, tetapi beberapa diantaranya (terutama yang tumbuh dari saluran kelenjar) merupakan karsinoma sel transisional atau karsinoma sel skuamosa. Meskipun jarang, adenokarsinoma juga bisa berasal dari kelenjar keringat pada kulit vulva.

Home | Penyebab Kanker Vulva

This entry was posted in Kanker Vulva. Bookmark the permalink.