Kapan harus Berkonsultasi dengan Seorang Ahli Kesehatan Mental?

Ada berbagai contoh ketika seseorang menderita migrain atau gangguan penyakit lain yang dapat mengambil manfaat dari perawatan seorang ahli kesehatan mental. Jika Anda dapat mengidentifikasi dari berbagai jenis depresi dan kegelisahan, konsultasi dengan ahli kesehatan mental terbukti dapat membantu dan direkomendasikan. Merasa sedih atau gelisah untuk waktu yang lama, semakin tidak dapat menikmati peristiwa hidup atau hubungan, atau memiliki pikiran putus asa yang berulang tentang masa depan adalah semua indikator bahwa Anda sedang berjuang dengan emosi yang kompleks dan sulit. Pemikiran mengenai kematian atau bunuh diri membutuhkan perhatian medis dan psikiatrik secepatnya. Berada seorang diri seringkali membuat perasaan-perasaan ini semakin buruk. Sebagaimana Anda ketahui, terkadang sulit untuk mengatasi hal ini dengan anggota keluarga, pasangan atau teman.

Konsultasi dengan ahli kesehatan mental menawarkan tempat yang aman dan rahasia untuk mengatasi masalah semacam itu. Seorang ahli akan membantu Anda mengidentifikasi alasan-alasan mengapa Anda merasa depresi atau gelisah, dan melalui hubungan kerja yang erat, terapis dan Anda dapat bekerjasama untuk memperoleh metode yang tepat untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang mungkin tampak tidak dapat teratasi pada awalnya. Hal ini dapat dicapai melalui psikoterapi (psychotherapy) atau melalui penggunaan obat, yang disebut psychopharmacotheraphy. Terkadang kedua pendekatan ini dikombinasikan dan ada bukti yang kuat mengungkap ketika seseorang menderita serangan depresi yang parah atau jangka waktu yang panjang, maka kombinasi dari dua pendekatan ini terbukti sangat membantu.

Depresi dan gelisah merupakan kondisi yang dapat diobati. Sayangnya, orang-orang seringkali enggan mencari bantuan untuk kondisi psikologis depresi atau cemas karena stigma yang sering dikaitkan dengan penyakit mental. Depresi dan cemas, hampir sama dengan migrain, yaitu gangguan kesehatan yang dapat diobati. Tidak ada alasan untuk merasa malu akibat depresi dibandingkan masalah kesehatan lainnya. Untungnya, stigma gangguan psikologis dan psikiatris semakin berkurang, namun masih sulit bagi banyak orang untuk mendapatkan bantuan. Jika Anda memiliki riwayat depresi, kecemasan, masalah dengan alkohol atau obat-obatan, atau mengalami pelecehan fisik atau seksual atau bentuk lain dari trauma, berbicara dengan dokter Anda tentang mendapatkan rujukan ke seorang ahli kesehatan mental sangat dianjurkan. Ingat, berkonsultasi dengan seorang ahli kesehatan menta; tidak berarti bahwa migrain “hanya ada di pikiran Anda”. Menemui ahli kesehatan mental sangat berguna berhubungan dengan reaksi emosional yang nyata akibat hidup dengan beban sakit kronis. Banyak pasien yang melaporkan perasaan lega dan rasa kontrol yang lebih besar segera setelah memulai pengobatan. Semuanya kembali pada usaha mengambil kendali dan memberdayakan diri sebagai peserta aktif dalam kesehatan Anda.

Alasan utama lain mengapa Anda dapat mengambil manfaat dari perawatan dengan seorang ahli kesehatan mental adalah untuk belajar cara yang lebih baik untuk secara efektif mengatasi tantangan migrain. Anda dapat memilih kapan saja melakukannya. Ahli kesehatan mental yang bekerja dengan pasien atau orang lain yang berjuang dengan gangguan kesehatan mampu memberikan metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan kontrol atas migrain dan stres. Anda juga dapat belajar dan mempraktekkan strategi penanganan yang akan membantu dalam berurusan dengan ketidakpastian hidup dengan migrain.

Memilih ahli kesehatan mental membutuhkan banyak pertimbangan. Pertama, Anda butuh beberapa informasi mengenai jenis ahli mana yang menawarkan bantuan yang mungkin Anda butuhkan dalam mengatasi masalah perilaku akibat migrain juga perawatan terhadap gangguan psikologis ataupun mood yang mungkin Anda alami. Ahli yang Anda pilih haruslah memiliki gelar dan kualifikasi yang sesuai dengan keahliannya. Kedua, sangat penting untuk merasa nyaman dengan ahli yang Anda pilih. Menemukan “yang tepat” merupakan salah satu langkah penting dalam memilih terapis. Berikan waktu untuk mengamati kecocokan antara Anda dan ahli tersebut. Apakah Anda merasa nyaman dengannya? Dapatkah Anda berbicara mengenai hal yang pribadi atau rahasia? Apakah ahli tersebut dapat membentuk lingkungan yang nyaman dan memperlakukan Anda dengan hormat? Apakah Anda merasa terapis dapat mendengarkan Anda lebih efektif? Beberapa pertanyaan tersebut harus Anda tanyakan pada diri Anda. Silakan melakukan wawancara dengan beberapa terapis yang berbeda. Pastikan juga untuk bertanya pada ahli kesehatan mental apakah dia pernah memiliki pengalaman bekerja dengan pasien dengan diagnosis migrain.

Berikut adalah daftar dan gambaran ahli kesehatan mental yang paling sesuai untuk mengatasi kesulitan emosional bagi Anda :

Psikolog Klinis (Clinical Psychologist) :

Mereka adalah spesialis dalam ilmu pikiran dan perilaku yang memiliki gelar dokter dalam psikologi klinis. Gelar itu bisa berupa PhD (Dokter di bidang Filosofi) atau PsyD (Dokter di bidang Psikologi). Spesialisasi Psikolog klinis adalah diagnosis dan perawatan dari bidang psikologis dan perilaku secara luas dari anak-anak, remaja dan dewasa. Mereka menyediakan layanan klinis terhadap individu, pasangan, keluarga dan kelompok. Contoh masalah yang mereka tangani seperti depresi, kecemasan, konflik perkawinan, kecanduan alkohol atau obat-obatan, kurang percaya diri, dan masalah hubungan, juga mereka membantu individu untuk menyesuaikan diri dalam saat sulit dalam transisi kehidupan. Psikolog klinis juga dilatih dalam berbagai jenis psikoterapi. Contohnya, psikodinamik, kognitif, dan perilaku. Sangat ideal untuk menemukan terapis yang bekerja dengan gaya integratif menggabungkan beberapa jenis terapi. Silakan bertanya kepada Psikolog, terapi apa yang mereka tawarkan. Psikolog klinis yang memiliki spesialisasi dalam psikologi kesehatan atau kesehatan perilaku seringkali sangat ahli dalam memberikan teknik relaksasi dan mengurangi stres, dan terlatih untuk bekerja dengan pasien media termasuk orang yang mengalami migrain dan kondisi penyakit kronis lainnya. Psikolog klinis yang memiliki tingkat Doktor harus memiliki izin praktek di kawasan Anda. Psikolog klinis tidak memberikan resep obat, namun mereka bekerjasama dengan Psikiater yang memberikan resep, dan dapat memberikan referensi untuk pengobatan yang dibutuhkan.

Psikiater (Psychiatrist) :

Mereka adalah dokter medis (dengan gelar MD atau DO), yang setelah menyelesaikan sekolah kedokteran kemudian melanjutkan pendidikan untuk spesialisasi mengatasi gangguan mental, emosional, dan perilaku. Sementara Psikiater adalah dokter, mereka sangat ahli dalam memberikan obat-obatan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti depresi atau kecemasan. Banyak Psikiater yang juga menyediakan psikoterapi atau bekerja dengan Psikolog klinis. Psikiater yang bekerja dalam bidang konsultasi/ psikiater perantara atau obat-obatan psikosomatik harus mendapatkan latihan tambahan dalam menangani pasien dengan gangguan kesehatan termasuk migrain dan penyakit kronis lainnya. Psikiater harus memiliki gelar medis dari sekolah kedokteran yang terakreditasi, memiliki program residensi yang lengkap, dan izin untuk berpraktek di kawasan Anda.

Pekerja Sosial Klinis (Clinical Social Worker) :

Mereka adalah para ahli yang meraih gelar master atau Doktor di bidang sosial (dengan gelar MSW, DSW, PhD) dan menawarkan bidang yang luas dari pelayanan sosial dan dukungn di rumah sakit dan lokasi pelayanan kesehatan lainnya. Banyak pekerja sosial klinis atau Psikiater pekerja sosial yang juga terlatih dalam memberikan psikoterapi atau layanan konsultasi. Pekerja sosial klinis membutuhkan izin Negara untuk berpraktek.

Psikolog klinis, Psikiater dan pekerja sosial klinis memberikan layanan yang biasanya dapat dikembalikan sebagian oleh asuransi kesehatan Anda. Periksa kembali penyedia asuransi kesehatan untuk menentukan manfaat kesehatan mental apa yang dapat Anda peroleh.

Bagaimana Mengetahui Mengalami Depresi? | Apakah harus Mengkonsumsi Obat-obatan dari Psikiater untuk Membantu Merasa Lebih Baik?

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.