Konsekuensi Menopause Dini

Wanita yang mengalami menopause dini akan menderita gejala-gejala yang mirip dialami oleh wanita menopause alami. Tetapi menurut berbagai penelitian di Barat, gejala-gejala tersebut akan muncul lebih hebat / parah pada menopause dini yang disebabkan operasi atau pengobatan kanker. Gejalanya antara lain:

* Mandi keringat di malam hari
* Insomnia
* Rambut rontok
* Rasa sakit saat berhubungan seks
* Berkurangnya libido
* Disfungsi tiroid
* Infeksi kelenjar kemih
* Inkontinensia
* Cepat tersinggung / marah
* Depresi, ingin bunuh diri

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi rahim atau pengangkatan indung telur, harap mencari tahu apa saja konsekuensi karena hal ini menyangkut menopause dini yang akan Anda alami. Sementara itu, usia Anda masih cukup muda, masih lama lagi mencapai usia menopause alami. Karena operasi rahim atau pengangkatan indung telur berkaitan dengan hormon-hormon kewanitaan, maka sebaiknya Anda menyadari bahwa:

* Akan muncul banyak masalah kesehatan jika di usia muda Anda sudah harus mengalami menopause karena operasi.
* Tes hormon lengkap harus dijadwalkan sebleum menjalani oeprasi rahim. Hal ini untuk memastikan kebutuhan hormonal.
* Perawatan yang benar sebaiknya segera direncanakan setelah operasi rahim. Carilah spesialis terapi hormon yang benar-benar menguasai bidangnya dan memiliki daftar obat-obatan terbaru berikut semua efek sampingnya. Pastikan ia memberikan informasi yang benar kepada Anda.
* Banyaklah membaca berbagai penelitian kedokteran mutakhir terutama tentang masalah menopause dan menopause dini. Pengaruh menopause dini yang disebabkan operasi pada usia muda belum dapat diketahui secara menyeluruh. Sampai sekarang para pakar masih terus meneliti pengaruh menopause dini terhadap jantung, osteoporosis, dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya.

Menopause Dini | Pola Makan untuk Meredakan Gejala Menopause

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.