Lupus pada Pria

Meskipun lupus hanya menyerang pria sekitar 10% dari total pengidap lupus, namun tetap perlu diwaspadai, karena selalu ada pria yang kena lupus. Selama ini telah terjadi salah informasi, bahwa penyakit lupus hanya menyerang wanita usia subur. Dan kemungkinan Anda terheran-heran ketika mengetahui bahwa pria juga merupakan salah satu target serangan lupus. Bahkan anak-anak dan remaja pun tak luput dari serangannya.

Jika Anda atau salah seorang kerabat atau teman pria menderita lupus, jangan heran jika Anda atau mereka sulit mendapat informasi tentang lupus pada proa, karena selama ini terjadi salah informasi bahwa lupus hanya menyerang wanita.

Perbedaan gejala lupus pada pria dan wanita

Beberapa waktu yang lalu, para dokter mengira bahwa gejala lupus pada pria lebih parah dibanding pada wanita. Namun sekarang tidak lagi, gejalanya tetap sama, sedangkan keparahan gejala, itu masalah yang berbeda karena tergantung pada penyebab atau organ yang diserangnya.

Penyebab lupus pada pria

Sampai sekarang penyebab pasti lupus pada pria belum diketahui. Namun sebagian para peneliti percaya bahwa lupus disebabkan kombinasi dari faktor-faktor genetik, hormon, dan lingkungan yang menjadi pemicu penyakit atau pencetus flare. Berikut ini beberapa trigger yang telah dikenali sebagai pemicu lupus.

* Sinar ultraviolet (UV) dari matahari, atau sinar fluoresen.
* Obat-obat tertentu misalnya obat-obat sulfa dan tetrasiklin, penisilin dan beberapa obat antibiotik.
* Infeksi virus atau bakteri.
* Stres fisik seperti luka, penyakit, atau operasi.
* Stres kejiwaan misalnya perceraian, penyakit, atau kematian dalam keluarga.
* Vaksinasi yang berisi virus hidup.

Pengobatan lupus pada pria

Sesungguhnya pengobatan penyakit lupus berbeda antara pasien yang satu dengan pasien lainnya. Jika Anda aktif berolahraga berarti penyakit Anda tidaklah parah dibanding jika Anda tidak aktif, karena pria dengan lupus aktif tidak akan mempunyai cukup tenaga untuk olahraga keras, seperti angkat berat.

Dalam hal obat-obatan yang Anda minum (CellCept dan Plaquenil) hanya berefek minimal pada kekuatan fisik dan energi. Sedangkan prednison justru memberikan energi pada awal pengobatan dan dapat mengontrol penyakit tersebut. Namun pengobatan dalam jangka panjang akan membuat Anda kehilangan kekuatan otot dan melemahkan tulang-tulang, sampai kemudian terjadi pengikisan kalsium tulang. Ini yang disebut osteoporosis yang berjalan bersamaan dengan usia yang makin lanjut.

Apakah penyakit lupus diwariskan?

Pertama-tama, sebaiknya Anda ketahui bahwa lupus bisa menyerang pria walau tidak sebanyak serangan pada wanita. Yang kedua, penyakit lupus adalah penyakit autoimun yang tidak diturunkan ke anak-anaknya. Bahwa ibu Anda wafat karena lupus, tidak berarti Anda juga mengidap lupus. Serangan lupus ditandai dengan munculnya gejala-gejala lupus seperti yang telah dibahas. Untuk memastikan bahwa Anda kena lupus, dokter akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan laboratorium lainnya.

Mengenali Tanda-tanda akan Muncul Flare pada Anak | Apakah Pemakaian Obat-obatan Immunosuppressive dalam Jangka Panjang dapat Meningkatkan Risiko Kanker?

This entry was posted in Lupus. Bookmark the permalink.