Makanan Bagi yang Sering Depresi

Berikut ini beberapa contoh makanan yang sebaiknya diutamakan bagi penderita stres atau depresi.

* Nasi beras merah

Kaya akan karbohidrat kompleks yang baik sebagai sumber energi yang baik bagi ibu yang sering dilanda stres atau depresi. Karbohidrat kompleks meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Neurotransmitter serotonin mampu menimbulkan rasa tenang dan nyaman. Pilihan lain adalah kentang, whole wheat, ubi, buah-buahn segar, labu kuning, brokoli.

* Ubi

Kaya akan vitamin B6 yang membantu meningkatkan neurotransmitter serotonin. Selain itu vitamin B6 membuat otak tetap alert sehingga tetap dapat berkonsentrasi dan fokus pada tugas-tugas walau sedang stres. Vitamin B6 juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang biasanya menurun di saat sedang stres atau depresi. Pilihan lain adalah kentang, beras merah, ikan dari laut dalam (tuna, salmon), daging ayam, bokcoi, pisang, mangga, alpukat, kuaci tawar biji bunga matahari.

* Kacang-kacangan kering

Seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tolo mengandung berlimpah selenium. Kecukupan selenium membuat ibu Anda berkurang depresinya karena mineral ini membantu mengurangi kecemasan, stres, mudah tersinggung, depresi dan bad mood. Pilihan lain: beras merah, beras putih tumbuk.

* Almond

Kunyahlah almond panggang jika sedang depresi. Dijamin depresinya akan berkurang karena almond sarat akan magnesium yang membantu otot-otot yang tegang menjadi rileks. Pilihan lain: kenari, kuaci tawar bunga matahari/biji labu, alpukat, bayam, kerang.

* Tempe

Murah meriah dan menyehatkan. Melimpah dengan kandungan asam amino lisin yang mampu mencegah dan menyembuhkan suara parau seperti jika akan kena flu. Suara parau tersebut disebabkan awal dari stres atau depresi. Dengan kata lain, tempe mampu menjaga kejernihan suara sehingga bermanfaat bagi penyanyi walau dia sedang dalam kondisi stres. Pilihan lain, kedelai dan produk-produknya (tahu, susu kedelai), keju, kentang, daging ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan, telur.

* Susu kedelai

Mengandung tiamin (vitamin B1). Bersama anggota vitamin B kompleks lainnya, tiamin diperlukan untuk membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi energi siap pakai. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, stres atau depresi menguras energi tubuh. Dengan demikian pasokan nasi beras merah disertai vitamin B1 akan memulihkan energi yang terkuras. Tiamin juga menjaga kesehatan sel-sel saraf sehingga proses penghantaran pesan antarsel (oleh neurotransmitter) berjalan lancar. Pilihan lain: beras putih tumbuk, beras merah, havermut, kuaci tawar, almond, kenari, alpukat, asparagus, ikan salmon, remis.

* Yogurt

Merupakan sumber asam pantotenat alias vitamin B5. Pada saat stres atau dilanda gangguan emosi lainnya, migrain, lelah berkepanjangan, simpanan vitamin B5 tubuh terkuras. Karena itu dianjurkan minum yogurt segar (live yogurt) dalam bentuk minuman yang sudah ditambah madu, atau dalam bentuk saus slada. Pilihan lain, alpukat, jamur, ikan salmon, kuaci tawar.

* Keju

Yang dimaksud adalah keju segar, yaitu keju hasil fermentasi tanpa mengalami proses pengolahan industri. Misalnya keju gouda, edam, ricota, cottage, mozarella. Keju lembaran termasuk keju hasil olahan (processed cheese), bukan keju segar. Keju segar berlimpah dengan biotin, yaitu anggota vitamin B kompleks yang membantu metabolisme karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Peran biotin menjadi penting dikala dilanda depresi membantu tubuh memanfaatkan gula darah menjadi energi, dan membantu menjaga keseimbangan vitamin B kompleks tubuh. Pilihan lain: kembang kol, kacang tanah, telur.

* Kangkung

Sejak lama telah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai sayuran yang menenangkan, memudahkan tidur nyenyak, dan tentu saja meredakan stres atau depresi. Kangkung ternyata juga “obat” sembelit yang disebabkan stres atau depresi (biasanya stres berat atau depresi sering mengalami sembelit). Kangkung mengandung serat tak larut yang memudahkan BAB. Pilihan lain, beras merah, sayuran hijau (bayam, bokcoi, daun singkong, sawi hijau, daun pepaya), polong-polongan (kapri, kacang panjang, buncis, kecipir), kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tolo, kacang kedelai, kacang merah), kismis.

* Jamur

Meski lunak, jamur mengandung vitamin B2 (riboflavin) berlimpah. Bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh yang merosot di saat stres atau depresi. Vitamin B2 juga berperan dalam sistem imun untuk melawan infeksi. Pilihan lain, beras merah, alpukat, kerang, yogurt, susu.

* Pepaya

Bermanfaat melancarkan BAB karena berlimpah kandungan serat terlarut. Serat terlarut juga membantu menyerap cairan dan menghentikan diare. Pilihan lain: apel, wortel, havermut, kacang-kacangan.

* Alpukat

Mengandung asam folat (kelompok vitamin B kompleks) yang dibutuhkan wanita yang sedang stres atau depresi. Mereka yang sedang depresi umumnya kekurangan asam folat. Manfaat asam folat adalah mengurangi sensitivitas terhadap pencetus stres/depresi. Manfaat lain adalah asam folat membantu meningkatkan serotonin yang bersifat meredakan stres. Pilihan lain: jeruk, kacang-kacangan, kol, bokcoi, brokoli, taoge, bit, asparagus, kedelai, dan produk-produknya.

* Jambu biji

Dikenal kaya akan kandungan vitamin C, dan vitamin C adalah antioksidna kuat yang menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun di kala stres atau depresi. Berbagai penemuan menyatakan bahwa minum vitamin C 500 mg mampu mengusir gejala pilek dan mempercepat penyembuhan flu. Stres atau depresi berkepanjangan memudahkan tubuh diserang flu. Pilihan lain, pepaya, mangga, jeruk, kiwi, stroberi, kol (terutama kol merah) dimakan mentah (kalau matang menimbulkan gas di perut), paprika merah/kuning/hijau.

* Ikan asal laut dalam

Contohnya tuna, salmon, gindara. Ikan tuna kaya akan kandungan niasin (salah satu anggota kelompok vitamin B kompleks) yang penting bagi penderita stres atau depresi karena niasin membantu menguraikan karbohidrat menjadi energi siap pakai. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kondisi stres dan depresi sangat menguras energi tubuh. Kekurangan energi tubuh akan lemas dan daya tahan menurun sehingga mudah diserang penyakit terutama flu. Niasin juga bermanfaat memperbaiki mood dengan cara mengontrol kadra gula darah. Selain itu juga menjaga kesehatan dan memperbaiki sel-sel saraf. Niasin juga dikandung oleh beras merah, daging ayam. Sementara itu ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega-3 yang juga membantu meredakan stres dan depresi. Inilah asam lemak majemuk tak jenuh rantai panjang yang ibarat bahan bangunan bagi jaringan otak. Omega-3 juga baik bagi kesehatan jantung. Dapat ditemukan dalam ikan dari laut dalam, dan kedelai.

* Ikan teri nasi

Meskipun mungil tapi merupakan sumber kalsium yang kaya sehingga dapat disantap bersama tulangnya. Kalsium berperan aktif emlancarkan hubungan antarsel yang menurun saat seseorang menderita stres atau depresi. Dari berbagai penelitian juga ditemukan bahwa kalsium mampu mengendalikan tekanan darah yang cenderung meningkat di kala stres atau depresi. Pilihan lain: ikan salmon, yogurt, susu tanpa lemak, keju segar (bukan yang diproses, contoh: keju gouda, edam, mozarela), sayuran hijau (sawi hijau, bokcoi, daun pepaya, daun katuk, bayam, kangkung, dan lainnya), kacang-kacangan kering (kacang hijau, kacang tolo, kacang merah, dan lainnya).

* Kerang

Kaya akan vitamin B12 yang bekerja sama dengan anggota vitamin B kompleks lainnya mampu meredakan stres atau depresi. Selain menjaga kesehatan sistem saraf, vitamin B12 membantu menguraikan karbohidrat kompleks menjadi energi siap pakai. Dan ini menguntungkan bagi penderita stres atau depresi yang energinya terkuras. Pilihan lain: yogurt, ikan tuna, kepiting, daging sapi tak berlemak.

* Kepiting

Berlimpah mineral seng (zinc) yang dibutuhkan selama wanita stres atau depresi. Manfaatnya, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah kena flu atau penyakit lainnya di kala stres atau depresi. Pilihan lain: daging ayam, daging sapi tanpa lemak, kerang.

Depresi | Ingin Bunuh Diri

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.