Makanan yang Dapat Menyebabkan Migrain

Makanan mungkin merupakan satu dari penyebab terbesar dalam kelompok pemicu migrain. Asupan makanan merupakan pola lain yang seringkali dapat dibedakan dengan buku catatan sakit kepala yang dibuat dengan teliti. Berbagai jenis makanan dan zat tambahan makanan yang dapat menyebabkan migrain, sehingga tidak mengejutkan jika seseorang dapat mengkonsumsi banyak makanan yang merupakan pemicu tanpa menyadarinya.

Salah satu pelanggaran terbesar adalah kafein. Kafein dapat ditemukan di mana-mana di dalam masyarakat. Contohnya, dapat ditemukan di dalam makanan, minuman bersoda, dan (tentu saja) kopi dan teh. Dengan perkembangan dari gerai kopi, kita dapat lebih banyak mengkonsumsi kopi dna teh dibandingkan sebelumnya. Pada wanita, dua cangkir kopi dapat menyebabkan terlalu banyak kafein dari perspektif sakit kepala.

Kafein adalah penghambat potensial pembuluh darah, yang dapat membuatnya sekaligus sebagai pereda nyeri (itulah mengapa banyak obat migrain yang dibeli bebas mengandung kafein). Namun, ketika Anda berhenti mengkonsumsinya, pembuluh darah akan melebar dan hasilnya akan terasa lebih sering sakit kepala berdenyut. Ini mungkin merupakan satu dari penyebab utama pada sakit kepala akhir pekan, atau yang buruk pada akhir pekan. Kafein dalam obat-obatan dengan resep dokter termasuk Fiorocet, Fiorinal, dan Cafergot, diyakini dapat menjadi penyebab penggunaan obat sakit kepala berlebih. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berapa asupan kafein Anda dan menggantinya dengan minuman non-kafein sedapat mungkin (seperti meminum delapan gelas air yang selalu dianjurkan!). Meskipun demikian, waspada jangan menghentikan asupan kafein Anda seketika; jika tidak Anda akan mengalami sakit kepala rebound (rebound headache). Kurangi kafein dengan berangsur-angsur dan perlahan-lahan. Pastikan Anda membaca semua keterangan dari semua minuman bersoda, minuman olahraga, dan bahkan suplemen herbal. Ingat, kafein kemungkinan ditambahkan dalam berbagai hal. Sangat penting untuk menurunkan atau menghapus dari pola makan Anda jika memungkinkan.

Penyebab berikutnya yang paling umum ditemui sebagai pemicu migrain adalah coklat dan kejua yang disimpan tahunan. Banyak dari kita yang menikmati dua jenis makanan ini – mungkin begitu banyaknya dikonsumsi, sehingga mengganggu kesehatan dan menambah berat badan. Namun, mengapa makanan tersebut bisa menimbulkan masalah? Keduanya mengandung amina (amines). Amina dalam berbagai makanan bercampur untuk membuat protein, namun yang ditemukan dalam coklat dan keju secara khusus menyebabkan masalah. Tyramine adalah jenis amina dalam keju yang sudah tahunan, yaitu blue cheese dan keju cheddar sebagai sumber yang paling utama. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui keju apa saja yang Anda makan dan mencatatnya apakah Anda mengalami sakit kepala setelah makna itu. Jika Anda memiliki pertanyaan apakah sebuah keju sudah terlalu lama, sebagian besar toko keju dengan senang hati akan menunjukkan pada Anda keju mana yang sudah lama dan yang baru, dan sebagian dapat benar-benar menunjukkan keju yang menyebabkan sakit kepala.

Coklat biasanya adalah sumber migrain yang lebih nyata. Banyak penderita migrain yang mengetahui setelah mereka mengkonsumsi satu batang coklat, kemudian mereka akan mengalami migrain dengan proporsi sakit yang setara. Godaan dari coklat memang sangat kuat, dan menghapusnya dari pola makan Anda mungkin sangat sulit. Solusi terbaik adalah untuk memonitor keinginan Anda dan menghindari konsumsi bersamaan dengan pemicu lainnya. Anda juga dapat mencoba berbagai merek coklat, tidak semua coklat memiliki kandungan yang sama, dan satu jenis atau merek mungkin bisa lebih ditoleransi dibanding yang lain.

Banyak wanita yang menginginkan coklat pada waktu sekitar menstruasi mereka, namun konsumsi coklat dan perubahan hormon dapat menjadi kombinasi berbahaya jika Anda rentan terhadap migrain terkait menstruasi. Menghindari dengan ketat konsumsi coklat pada masa perimenstrually (sekitar waktu menstruasi Anda), mungkin bisa menjadi satu-satunya solusi dalam kasus ini.

Golongan makanan lainnya yang menyebabkan migrain adalah makanan yang diproses atau diawetkan, yang seringkali mengandung nitrit (nitrites). Nitrit adalah zat kimia yang melebarkan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut yang menyakitkan. Makanan seperti hot dog, makanan dingin dari rumah pemotongan, salami, pastrami, sosis, dan daging asam serta ikan mengandung nitrit. Makanan yang diproses dan dikemas dapat ditemukan di mana-mana di supermarket, sehingga sangat penting bagi Anda untuk waspada dalam membaca label kemasan dengan hati-hati dan menghindari nitrit di antara daftar bahan-bahan semua makanan yang Anda konsumsi.

Buah yang mengandung citrus diketahui memiliki implikasi sebagai pemicu bagi banyak penderita migrain. Tidak diketahui mengapa buah mengandung citrus memicu migrain, namun hal itu telah dianggap sebagai alergi atau sensitif pada bahan makanan sebagai penyebabnya.

Penggunaan dari catatan harian sakit kepala akan memungkinkan Anda mengidentifikasi makanan pemicu. Anda mungkin memiliki makanan pemicu yang tidak disebutkan disini. Kuncinya yaitu untuk mengidentifikasi makanan pemicu Anda yang unik dan membatasi asupan dari makanan tersebut.

Alkohol dikenal luas karena kemampuannya untuk menyebabkan sakit kepala akibat mabuk. Alkohol juga diketahui sebagai pemicu migrain. Minuman anggur merah, bir, brandy dan champagne merupakan jenis yang terbanyak penderita migrain yang mengkonsumsi alkohol jenis apa pun dapat menyebabkan sakit kepala. Sebagaimana pemicu lainnya, Anda mungkin saja tidak sakit kepala setiap saat Anda minum alkohol. Yang menarik, vodka dan jenis alkohol jernih lainnya diyakini memiliki potensi paling rendah dalam memicu migrain, meskipun solusi terbaik yaitu menghindari alkohol sama sekali untuk menghindari migrain.

Stres | Apakah Olahraga Membuat Migrain Menjadi Lebih Baik atau Buruk?

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.