Manfaat dan Jenis Olahraga bagi Wanita Menopause

Manfaat Olahraga bagi Wanita Menopause

Ada banyak cara bagi wanita menopause agar dapat menjaga dirinya tetap sehat, antara lain menjaga pola makan, kelola stres, tetap aktif tapi sesuai dengan usia dan kondisi fisiknya, lakukan hobi yang menyenangkan dirinya, dan yang tak kalah penting adalah lakukan olahraga teratur dan terukur. Olahraga dan pola makan tak dapat dipisahkan. Keduanya harus dilaksanakan untuk mendapatkan kesehatan yang prima di usia senja. Kedua faktor tersebut sangat membantu kelancaran metabolisme. Olahraga berguna terutama untuk menghambat alergi. Olahraga yang baik dan benar mampu menstimulasi aliran oksigen ke seluruh sistem tubuh, mengisi kembali oksigen ke dalam jaringan otot. Sedangkan olahraga yang tidak benar akan berakibat sebaliknya, yaitu mencederai punggung dan struktur otot.

Untuk mudahnya, olahraga bermanfaat melancarkan peredarah darah, meningkatkan aliran darah ke jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’, mengurangi rasa kaku pada sendi-sendi atau bagian tubuh lainnya.

Ketika merasa sangat stres akibat gejala-gejala menopause yang sedang dialami, olahraga dapat membantu meredakannya dengan menyeimbangkan hormon-hormon.

Jenis Olahraga bagi Wanita Menopause

Olahraga yang baik bagi wanita menopause antara lain berenang, bersepeda, jalan kaki, dan lainnya asalkan tidak menguras tenaga. Dan olahraga itu masih mampu Anda lakukan, artinya gerakannya tidak dipaksakan. Bagaimana dengan aerobik? Mungkin Anda masih mampu melakukan low impact aerobic, tapi jika napas Anda sudah tersengal-sengal sebaiknya hentikan senam Anda. Dua puluh menit jalan pagi atau berenang pagi, akan sangat membantu melancarkan peredaran darah dan asupan oksigen. Anda akan merasa fit dan segar, asalkan jangan dilakukan secara berlebihan karena Anda malah menjadi loyo.

Makin tinggi usia Anda makin berkurang kemampuan untuk melakukan olahraga yang keras dan susah seperti aerobik. Karena itu sebiaknya Anda menciptakan sendiri senan yang bisa Anda lakukan di rumah setiap hari. Olahraga bagi lansia atau wanita menopause yang kondisi tubuhnya lemah, adalah senam tanpa gerakan kuat, yaitu berupa gerakan-gerakan fisik yang rutin dilakukan setiap hari yang bermanfaat secara fisik dan mental. Bagi lansia yang usianya sudah tinggi, berkebun merupakan pilihan yang menguntungkan. Senang karena melihat tanaman yang subur dan indah, dan sehat karena asupan oksigen yang dikeluarkan tanaman.

Dalam melakukan gerakan-gerakan senam, olahraga, berkebun atau lainnya, carilah posisi tubuh yang nyaman, punggung usahakan selalu tegak, kenakan pakaian yang gombor, dan konsentrasi pada apa yang sedang Anda lakukan.

Untuk olah napas, lakukan taichi atau yoga. Untuk itu sebaiknya Anda ikut club taichi atau kelas yoga.

Sekali-sekali jika tubuh Anda terasa tidak fit, cobalah lakukan pijat, atau aromaterapi, atau refleksologi. Tentu saja yang melakukannya harus ahlinya.

Pola Makan untuk Hipertensi, Osteoporosis, dan Jantung karena Menopause | Persyaratan Olahraga Khusus bagi Wanita Menopause

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.