Mengatasi Migrain dengan Lebih Baik

Hidup dengan migrain kronis adalah pengalaman sulit dan menantang. Sangat umum untuk merasa dikuasai oleh emosi yang sulit dan rumit, dan seringkali merasa putus asa dalam berjuang melawan migrain. Salah satu keluhan yang paling lazim mengenai yang diutarakan penderita migrain atau sakit kepala adalah mereka merasa tidak dapat atau sangat sedikit bisa mengontrol migrain mereka atau peristiwa yang dapat memicunya. Perasaan tidak mampu mengontrol peristiwa dalam hidup dapat menjadi emosi yang menakutkan. Sayangnya, hal ini hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk dan bahkan bisa meningkatkan rasa sakit migrain Anda. Sangat penting mengetahui bahwa ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk merasa lebih bisa mengontrol dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi migrain. Tak peduli seberapa sulitnya, ada ukuran yang dapat Anda ambil dan sumber yang bisa Anda hubungi untuk bantuan. Hanya dengan memperhatikan hal-hal yang telah dipaparkan dan berkonsultasi dengan sebagian sumber yang ada dalam daftar, Anda telah mengambil satu langkah ke depan untuk merasa lebih mampu mengontrol migrain Anda dibandingkan hanya menjadi korban.

Setiap orang mengatasi masalah dalam hidup dengan berbagai cara. Dalam mengatasi, terdapat satu set perilaku yang sangat individual dan respons yang sangat unik dari setiap orang. Tidak ada dua orang yang mengatasi dengan cara yang sama persis. Tujuan utama adalah menemukan strategi dalam mengatasi yang akan membantu Anda mengendalikan rasa sakit dan stres Anda dengan memuaskan. Satu dari langkah awal yang harus dilakukan untuk meningkatkan cara mengatasi migrain adalah untuk belajar bagaimana reaksi atau cara Anda mengatasi. Terkadang, individu dengan migrain kronis atau kondisi sakit lain membentuk cara untuk mengatasi yang mungkin tidak menyesuaikan dan dapat meningkatkan rasa sakit. Hal ini mungkin tidak menjadi perhatian Anda, tapi hal ini sangat disayangkan dan seringkali terjadi. Bagaimana kita melihat dan merasakan rasa sakit akan memiliki dampak terhadap rasa sakit itu sendiri. Dengan kata lain, reaksi emosional kita terhadap sakit kepala migrain dapat secara potensial meningkatkan atau menurunkan intensitas rasa sakit tergantung dari jenis reaksi kita.

Satu langkah umum tapi tidak efektif dalam cara mengatasi adalah menghindari atau mengacuhkan masalah. Namun, mengacuhkan masalah atau stres tersebut tidak akan membuatnya menghilang. Respons umum lainnya yaitu memiliki pemikiran negatif dan merasa kalah terhadap diri sendiri. Terkadang Anda menemukan diri Anda membesar-besarkan situasi dengan berpikir. “Ini adalah sakit kepala terburuk yang pernah saya alami”, atau “Sakit kepala ini tidak akan berakhir”. Contoh lain adalah berpikir Anda akan kehilangan pekerjaan, merusak hubungan dan harus berasa dalam golongan cacat. Sementara semua konsekuensi itu kekhawatiran nyata bagi Anda, hal itu kemungkinan hanya satu episode migrain tertentu yang bukan merupakan terburuk dalam hidup Anda, dan itu tidak akan berlangsung selamanya. Berpikir hasil skenario terburuk membuat Anda merasa lebih cemas, takut, tertekan, dan tidak terkontrol. Sementara Anda terjebak dalam pemikiran semacam itu, maka akan menjadi lebih sulit untuk membuat keputusan yang baik dan berurusan secara efektif dengan sakit kepala migrain. Hanya dengan respons yang penuh kecemasan dan panik pada awal serangan migrain, Anda dapat membuat sakit kepala lebih berat daripada yang Anda khawatirkan pada awalnya. Jenis keputusasaan ini dapat menghambat Anda mengkonsumsi obat-obatan dari jadwal yang seharusnya jika Anda mengatakan kepada diri Anda, “Tidak akan ada yang berhasil”.

Belajar untuk menggantikan pemikiran yang menganggapnya sebagai bencana atau melemahkan diri Anda, dengan menggantikannya dengan pernyataan yang lebih realistis dan positif merupakan cara utama dalam mengatasi dengan efektif. Alih-alih berpikir bahwa sakit kepala ini merupakan yang terburuk, buat pernyataan, “Meskipun saya merasa buruk, saya tahu ini tidak akan berlangsung selamanya dan saya tidak boleh panik”. Coba untuk mempraktekkan teknik relaksasi, sisihkan waktu istirahat, atau bahwa tulis sebagai bagian dari hari Anda dan bersumpah untuk kembali pada apa yang Anda lakukan ketika sakit kepala itu selesai.

Ada berbagai faktor terkait dengan belajar mengatasi migrain dengan lebih efektif. Berikut adalah tinjauan singkat dari cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan strategi dalam mengatasi migrain :

* Memonitor dan menurunkan tekanan emosional. Dengan mempelajari beragam metode relaksasi, Anda dapat membangun cara untuk mengurangi stres dan mengubah respons Anda terhadap situasi penuh tekanan. Secara mengejutkan, terfokus selama beberapa menit pada pernapasan dapat membantu. Jika peran spiritual sangat penting dalam hidup Anda, masukkan ke dalam praktek spiritual atau komunitas spiritual untuk dukungan, kekuatan dan kebijakan. Meditasi, berdoa atau membaca buku spiritual atau filosofis yang penting bagi Anda dapat membantu memmbuat hal-hal tetap berada dalam perspektif yang benar. Humor juga sangat penting sebgai pemecah stres. Meskipun tidak ada yang lucu menjadi penderita migrain, coba untuk tetap menjaga selera humor mengenai berbagai hal sebisa Anda.

* Berolahraga dan tetap aktif. Olahraga adalah cara yang hebat untuk mengurangi stres emosi dan fisik dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan sehingga mengurangi sakit kepala dan masalah medis lainnya. Tetap aktif dan coba untuk tetap menjaga rutinitas Anda secara teratur sedapat mungkin. Modalitas seperti yoga, Tai Chi dan metode Feldenkrais merupakan modalitas pergerakan yang sangat baik termasuk komponen peregangan, penguatan, spiritual dan relaksasi sebagai bagian dari pengalaman. Anda dapat belajar beberapa kelas semacam itu yang ditawarkan oleh pusat yoga, gym, spa atau pusat komunitas.

* Identifikasi pemicu migrain. Dengan menggunakan catatan harian sakit kepala atau jenis jurnal sakit kepala lainnya, Anda dapat mengidentifikasi dan akhirnya menghindari paparan terhadap pemicu potensial migrain.

* Ubah reaksi emosional Anda terhadap migrain. Migrain seringkali membuat emosi yang menganggap seakan-akan terjadi bencana dengan diikuti pernyataan seperti, “Sakit kepala ini tidak akan pernah pergi”, “Saya tidak akan pernah lebih baik”, atau “Migrain tersebut akan membuat saya kehilangan pekerjaan atau hubungan”. Belajar cara untuk memotret episode migrain dengan membuat pernyataan yang lebih realistis dan positif.

* Peroleh dukungan. Anda tidak sendiri dalam menghadapi migrain. Jutaan orang menderita sakit kepala yang berat. Raihlah dukungan kelompok dan masyarakat serta organisasi sakit kepala. Cobalah untuk tidak terisolasi. Bicara secara langsung dan jujur mengenao apa yang Anda alami kepada keluarga dan teman-teman jika Anda meyakini mereka dapat mendukung.

* Bersiap dengan obat-obatan. Selalu bawa serta obat-obatan untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami serangan. Penuhi rencana pengobatan yang dibuat oleh dokter Anda.

* Carilah bantuan ahli kesehatan mental jika diperlukan. Jika naik turun emosi akibat migrain mengambil ahli kemampuan Anda untuk menikmati hidup, mintalah ahli kesehatan mental untuk mengatasi perasaan seperti depresi, cemas, rasa bersalah, malu dan emosi sulit lainnya. Ahli yang memiliki kualifikasi akan membantu Anda juga menemukan sumber stres dan mengajarkan Anda cara mengatasi yang efektif dan teknik relaksasi.

* Belajar untuk mengekspresikan emosi dan tentukan batas-batas apa yang dapat Anda lakukan. Belajar untuk berkata “tidak” terhadap tuntutan yang tidak dapat Anda lakukan. Tentukan batas-batas terhadap waktu Anda. Dengan melakukan sebagian dari langkah-langkah yang disarankan atau bekerjasama dengan ahli dengan izin, belajar untuk tidak tertahan atau menginternalisasi emosi seperti marah, sedih, kekesalan dan kekecewaan.

Sangat penting bagi Anda untuk mengingat bahwa sakit kepala migrain Anda atau cara Anda untuk berurusan dengan perjuangan hidup tidak terbangun dalam satu malam. Cara mengatasi secara efektif membutuhkan waktu dan kegigihan. Dengan mulai berpikir dan bereaksi secara berbeda terhadap migrain, Anda telah mulai mengambil kontrol.

Apakah harus Mengkonsumsi Obat-obatan dari Psikiater untuk Membantu Merasa Lebih Baik? | Memperbaiki Situasi akibat Efek Negatif Migrain Terhadap Hubungan

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.