Mengenali Gejala Lupus

Beberapa penderita lupus menyatakan bahwa awalnya mereka menderita demam tinggi, lemah lunglai, dan sakit di persendian yang kemudian persendian tersebut membengkak. Tapi jangan berharap begitu Anda dirawat inap disebuah rumah sakit, lantas mendapat perawatan yang benar. Beberapa pasien lupus menyatakan bahwa tidak semua rumah sakit mampu mengelola pasien lupus, bahkan dokter-dokternya kadang tidak menyadari bahwa pasiennya menderita lupus. Seorang pasien lupus – seorang anak perempuan bercerita bahwa dokter-dokter tempatnya dirawat tidak mengetahui dia sakit apa. Setelah satu bulan dirawat tanpa ada perbaikan, pasien ini dirujuk ke rumah sakit lain yang lebih lengkap peralatan dan dokter spesialisnya. Dan beruntung salah seorang dokter di rumah sakit itu mengenali beberapa gejala lupus, sehingga ia mendapat perawatan yang benar.

Tidak setiap pasien lupus memiliki gejala yang sama, namun ada gejala-gejala umum dimana beberapa diantaranya biasa dimiliki oleh pasien lupus.

* demam
* merasa sangat lelah yang berkepanjangan
* ruam kupu-kupu (butterfly rash) di wajah sekitar hidung yang melebar ke pipi kanan dan kiri.
* ruam di kulit berbentuk cakram, berwarna kemerahan, bisa muncul di seluruh tubuh, menonjol dan kadang bersisik, yang menjadi makin parah jika kena sinar matahari.
* sensitif terhadap sinar matahari
* sakit di persendian
* persendian membengkak
* nyeri otot
* nyeri dada pleuritik
* kejang
* gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Gejala tersebut bisa makin parah jika pasien tidak mendapat perawatan yang benar, dengan munculnya gejala-gejala :

* batuk darah
* mimisan
* hematuria (urine mengandung darah)
* bercak kulit
* bintik merah di kulit
* perubahan warna bila jari tangan ditekan
* gangguan menelan
* matirasa dan kesemutan
* luka di mulut
* rambut rontok
* sakit perut
* gangguan penglihatan

Gejala tersebut sesungguhnya tergantung pada organ atau sistem tubuh mana yang diserang antibodi lupus. Pasien lupus tak perlu mengalami semua gejala tersebut, tiga atau empat gejala saja sudah dapat menunjukkan bahwa kemungkinan besar dia menderita lupus.

Gejala lupus bisa datang dan pergi, misalnya selama satu minggu Anda menderita sakit atau bengkak sendi dan minggu berikutnya Anda sama sekali sehat. Atau ada ruam pada kulit ketika Anda pulang dari bepergian dan kena paparan matahari. Dengan mengenali gejala yang hilang timbul tersebut, Anda bisa mengambil strategi / langkah untuk bertahan terhadap serangan lupus. Beberapa gejala yang bisa Anda kenali, misalnya rasa lelah yang terus menerus, pegal atau sakit pada sendi atau otot, pencernaan tidak nyaman, ruam pada kulit. Jika Anda bisa mengenalinya, maka hindari sinar matahri, istirahat, dan menenangkan diri.

Dampak Lupus Secara Fisik dan Kejiwaan | Perawatan untuk Pasien Lupus

This entry was posted in Lupus. Bookmark the permalink.