Mengurangi Resiko Jantung Rusak (Bagian 2)

H. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Adalah penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung secara rutin dan teratur agar dapat segera diketahui dan mencegah penyakit yang muncul terlalu parah. Dibandingkan orang dewasa tanpa diabetes, orang dewasa dengan diabetes lebih beresiko terkena penyakit jantung. Angka kematian juga akan meningkat jika Anda memiliki kolesterol tinggi dan hipertensi.

I. Pertimbangkan Alat KB Alternatif

Pil KB dapat menaikkan tekanan darah, dan menempatkan Anda pada resiko terkena penyakit jantung. Resiko meminum pil KB ini bahkan lebih tinggi daripada memiliki kolesterol tinggi, kelebihan berat badan (overweight) atau diabetes. Para ahli kesehatan pun merekomendasikan agar Anda tidak mengambil kontrasepsi oral jika Anda memiliki sejarah penyakit arteri koroner atau kelainan pembekuan darah. Bicarakan alternatif ber-KB yang aman dengan dokter kandungan Anda untuk mencegah resiko penyakit jantung.

J. Dapatkan Pemeriksaan Medis yang Teratur

Kunci untuk mencegah penyakit jantung Anda terlanjur parah adalah dengan berkonsultasi rutin ke dokter Anda. Penting adanya untuk tahu faktor-faktor untuk mencegah resiko hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes serta kelainan jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Pastikan untuk segera mengagendakan pemeriksaan kesehatan rutin tahunan Anda, dan dapatkan berbagai penjelasan terkait kesehatan Anda.

K. Coba Rileks

Anda mungkin tidak bisa mengontrol permasalahan yang datang, namun Anda bisa mengendalikan reaksi Anda. Kuncinya, kenali kehadiran masalah tersebut.

Saat Anda mulai merasa gelisah, beri diri Anda waktu untuk menghadapi perasaan itu. Tarik nafas perlahan melalui hidung dalam 5 hitungan, lalu hembuskan melalui mulut dalam 5 hitungan juga. Lakukan sampai Anda merasa lebih tenang.

Anda juga bisa melakukan jalan cepat, main tenis, atau aktivitas berat lainnya untuk melampiaskan stres terpendam tersebut. Carilah mana pelepas stres yang pas bagi Anda.

L. Cari tahu seberapa cepat detak jantung Anda saat istirahat

Pengetahuan ini bisa membantu dokter untuk mengetahui apakah Anda sedang dalam kondisi rawan sakit jantung. Hampir 130 ribu wanita menopause yang tidak memiliki sejarah sakit jantung, namun yang jantungnya berdetak lebih cepat saat istirahat memiliki resiko 26% lebih besar untuk mengalami jantung koroner.

Jadi untuk mengetahui seberapa cepat jantung Anda berdetak saat beristirahat, maka luangkan waktu beberapa menit sebelum Anda beranjak dari tempat tidur di pagi hari dan rasakan denyut nadi Anda, boleh di bagian leher, atau pergelangan tangan.

Hitung berapa jumlah denyut selama 30 detik dan kalikan 2 hasilnya untuk hasil terbaik. Lakukan selama 3 hari berturut-turut dan ambil hasil rata-ratanya. Jika hasilnya di atas 75, maka sebaiknya Anda segera menemui dokter.

M. Hargai kondisi mulut Anda

Bersihkan dan sikatlah gigi tiap hari dan Anda akan mendapatkan lebih dari sekedar senyum yang indah. Kesehatan mulut Anda memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh.

Bakteri yang sama, yang menyebabkan penyakit gusi dalam mulut mampu menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan bahkan stroke. Beberapa studi menghubungkan penyakit mulut dengan peningkatan resiko sakit jantung, beberapa diantaranya karena penyakit gusi bisa mengakibatkan radang kronis yang bisa menyebabkan pembuluh arteri menjadi bengkak. Minumlah air yang mengandung mineral fluoride untuk mencegah kerusakan gigi.

N. Tinggalkan kebiasaan begadang

Mendapatkan tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Seseorang dengan waktu tidur kurang dari 7 jam memiliki resiko gampang sakit 3 kali lebih besar dari mereka yang tidur 8 jam atau lebih.

Studi lain menghubungkan kurang tidur dengan obesitas hingga tekanan darah tinggi dan diabetes. Jika Anda tidak bisa tidur tanpa menonton TV lebih dulu, maka pilihlah acara yang lucu, bukan yang menegangkan, supaya kondisi ini bisa membuat Anda merasa rileks dan tidur lebih cepat. Atur waktu agar Anda mendapatkan tidur 7 – 9 jam tiap hari.

O. Kurangi teknologi

Gangguan yang sering datang dari sms, telepon, atau email bisa membuat Anda stres. Jadi, berliburlah sesekali dari teknologi yang ada dan nikmatilah hidup yang sesungguhnya bersama keluarga, teman, dan alam sekitar.

Mengurangi Resiko Jantung Rusak (Bagian 1)

This entry was posted in Penyakit Jantung. Bookmark the permalink.