Menjaga Massa dan Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan dan massa tulang adalah dengan menjaga asupan dan penyerapan kalsium. Bisa dengan minum suplemen kalsium, namun yang penting adalah memilih menu-menu yang kaya kalsium dalam pola makan sehari-hari.

Kalsium secara teratur hilang melalui urine, feses, dan sel kulit mati. Karena itu kehilangan itu harus selalu diganti dengan pola makan yang tepat. Jika pola makan kita kekurangan kalisum, maka penyerapan kalsium dari saluran pencernaan pun berkurang. Akibatnya, untuk memenuhi kebutuhan kalsium darah yang tetap, kalsium tulang akan diambil atau diserap. Dan terjadilah pengeroposan tulang.

Selain pola makan kaya kalsium, Anda dapat mempertahankan massa dan kesehatan tulang melalui olahraga teratur. Pengaruh olahraga teratur dan terukur sangat besar pada kepadatan tulang karena tulang terjaga kekuatannya.

Olahraga teratur dan pola makan kaya kalsium sudah harus dilakukan pada usia awal 30-an agar tulang-tulang tidak keropos pada masa menopause.

Ada faktor-faktor lain yang memperlemah kondisi tulang dan mempercepat pengeroposan tulang, yaitu :

* Terlalu banyak merokok dan minuman keras.
* Mengalami menopause yang diakibatkan oleh operasi (menopause dini).
* Obat antasida yang mengandung aluminium dan kortikosteroid.
* Penyakit-penyakit yang menghalangi penyerapan dari usus, seperti penyakit-penyakit usus halus, hati, dan pankreas.
* Limfoma, leukemia, dan multiple myeloma.
* penyekait-penyakit yang menyebabkan hilangnya kalsium melalui feses, seperti diare kronis karena kolitis ulserativa, penyakit Crohn.
* Operasi pengangkatan sebagian usus halus. Ini memengaruhi penyerapan kalsium.
* Pola makan tinggi protein, menyebabkan hilangnya kalsium melalui urine.
* Berat badan yang kurang. Wanita kurus memiliki hanya sedikit estrogen. Ini membuat tulang kurang padat dan rentan kehilangan kalsium.
* Kehamilan di usia remaja. Pada usia remaja, tulang-tulang tumbuh belum sempurna dan kehamilan membuatnya kehilangan sampai 10% massa tulang.

Jadi, ada beberapa cara mencegah pengeroposan tulang :

* Cara yang alami dan aman nyaman adalah mengubah gaya hidup dan lakukan pola makan sehat kaya kalsium. Harus disertai dengan olahraga teratur dan terukur (olahraga untuk kaum muda tentu berbeda intensitasnya dengan olahraga bagi lansia).
* Terapi sulih hormon.
* Minum obat-obatan pencegah osteoporosis.

Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kondisi Anda. Atau menggabungkan beberapa pilihan. Tetapi sebaiknya Anda mengetahui bahwa terapi sulih hormon (TSH) dan obat-obatan (Evista) tidak dapat membuat Anda bebas patah tulang karena tulang-tulang tetap kaku dan tidak fleksibel. Namun pola makan tinggi kalsium dan olahraga teratur dapat membentuk massa tulang yang fleksibel.

Seberapa banyak dibutuhkan kalsium per hari? Wanita pramenopause membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Demikian juga wanita perimenopause dan pascamenopause yang menjalani terapi sulih estrogen (TSE) atau TSH. Yang tanpa TSH maupun TSE membutuhkan 1.500 mg kalsium per hari. Kebutuhan ini bisa didapat dari makanan maupun suplemen kalsium.

Apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi? Semua produk susu dan susu, ikan , kerang, udang, kedelai dan produk-produknya, brokoli, sayuran berwarna hijau gelap (kecuali bayam karena mengandung asam oksalat yang menghambat penyerapan kalsium).

Waspada jika Anda menggunakan suplemen kalsium. Sebaiknya mengetahui berapa kandungan kalsium dalam supleme yang akan diminum karena terlalu banyak kalsium dapat menimbulkan batu ginjal. Selain itu, sebaiknya mengetahui apakah kalsium dalam suplemen yang akan diminum memang efektif bakal diserap tubuh. Caranya, masukkan sebutir suplemen tersebut ke dalam air. Aduk beberapa saat. Lihat, apakah larut sempurna? Jika suplemen tersebut tidak larut sempurna, kemungkinan suplemen itu juga tidak diserap secara efektif di dalam tubuh.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa suplemen kalsium merupakan sumber kalsium tambahan. Artinya tidak dapat menggantikan secara penuh kebutuhan kalsium tubuh. Sebaiknya tetap mengandalkan kalsium alami dengan menyantap menu-menu tinggi kalsium.

Proses Pengeroposan Tulang | Apakah Menopause Menyebabkan Pasangan Kehilangan Minat Seksual?

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.