Metode Terapi Air Putih

Terapi minum air putih telah dilakukan oleh nenek moyang sejak dulu, nama terapi ini adalah ” usha paana chikista “. Terapi air bukanlah meminum air sebanyak-banyaknya dan dilakukan secara sembarangan sebagaimana yang biasa terjadi dalam kehidupan banyak orang. Namun, terapi air ini memiliki metode dan aturan tersendiri yang harus diikuti. Prinsip inilah yang menjadikan air mempunyai manfaat besar dalam untuk kesehatan kita sebab air masuk ke dalam tubuh tidak secara sembarangan, namun berdasarkan sebuah prinsip atau metode tertentu sehingga terjadi keturutan di dalamnya.

Berikut ini prinsip umum dari terapi air putih ini.
1. Minumlah 1,5 liter air putih, yaitu sekitar 5 sampai 6 gelas, pada pagi hari ketika kita baru bangun tidur (bahkan sebelum menggosok gigi). Lebih baik bila airnya ditakar dahulu agar tepat 1,5 liter. Setelah itu, baru anda boleh mencuci muka.
2. Meminum air putih ini harus dilakukan sebelum Anda berkumur karena ludah yang mengendap di mulut semalam banyak mengandung enzim-enzim dan antibiotik alami yang diperlukan tubuh. Jadi, menelan liur sendiri adalah perilaku yang sehat. Di zaman dahulu, orang mengobati penyakit mata dengan liur ketika bangun tidur orang tua zaman dahulu juga sering menjilat luka baru agar cepat sembuh.
3. Hal yang sangat penting untuk diketahui adalah bahwa jangan meminum atau memakan apa pun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air ini.
4. Setelah 45 menit, kita boleh makan dan minum seperti biasa. Hal ini di maksudkan untuk memberikan kesempatan pada air putih untuk membersihkan usus halus yang sepanjang 8 meter itu. Setelah usus halus bersih, barulah makanan dibiarkan masuk untuk proses/dicerna.
5. Setelah 15 menit sarapan, makan siang dan makan malam, jangan makan atau minum apapun selama 2 jam.
6. Hindari sama sekali konsumsi minuman beralkohol.
7. Bila perlu, gunakanlah ai rebus atau air yang sudah disaring.
8. Gosok dan bersihkan mulut tetapi jangan memakan atauppun meminum apa pun selama 45 menit.
9. Bagi Anda yang tua ataupun sakit dan tidak dapat minum 4 gelas air, pada taraf awal hal ini bisa digantikan dengan mdeminum sedikit air terlebih dahulu dan kemudian ditingkatkan secara berkala hingga 4 gelas per hari.
10. Metode di atas adalah terapi untuk mengobati penyakit dari orang yang sakit namun juga dapat dipraktikan oleh orang yang sehat agar semakin sehat.

Daftar berikut adalah jumlah hari yang dibutuhkan untuk terapi pengobatan/kontrol/mengurangi sejumlah penyakit utama:

1. Tekana darah tingggi = 30 Hari
2. Asam lambung = 10 Hari
3. Diabetes = 30 Hari
4. Susah buang air besar/konstipasi = 10 hari
5. Kanker = 180 Hari
6. Tuberculosis = 90 Hari
7. Sembelit = 1 Hari
8. Asam urat = 2 Hari

Catatan :
– Bagi penderita radang/sakit persendian dan rematik disarankan agar melakukan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan selama satu minggu. Setelah itu, dua kali sehari sampai penyakit sembuh.
– Pasien arthritis disarankan untuk mengikuti terapi di atas ini hanya 3 hari pada minggu pertama dan dari minggu kedua dan seterusnya setiap hari
– Bagi pasien yang tidak dapat meninggalkan tempat tidurnya, dapat minum sambil berbaring di atas ranjang dan perlu dipijat sedikit untuk membantu supaya di dalam usus air bergerak dan dapat mencuci kaplier pada dinding usus.
– Biasakan dalam 2 jam setelah makan jangan banyak minum air dan menjelang tidur jangan makan.
– Jika menggunakan air ledeg, sebaiknya diendapkan dulu semalam.
– Terepi air putih 1,5 liter ini hanya untuk pagi hari saja, waktu bangun tidur
– Minumlah air putih tersebut saat kita duduk sebab air akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara brdiri, maka air yang kita minum itu masuk tanpa disaring lagi. Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran uretra. Kristal ginjal bisa terbentuk karena banyak limbah-limbah yang masih tersisa di uretra. Kristal inilah yang kemudian disebut sebagai batu ginjal.

Mungkinkah kita dapat minum 1,5 liter air sekaligus? Untuk permulaan, mungkin kita akan kesulitan saaat pertama kali mencoba terapi air putih ini. Tetapi, kita akan terbiasa seiring berjalannya waktu dan kebiasaan yang akan terjadi. Pada awalnya, kita bisa minum 4 gelas air terlebih dahulu dan 2 gelas yang tersisa bisa di minum setelah selang waktu 2 menit. Disamping itu, bagi Anda yang kesulitan untuk menghabiskan 1,5 liter air sekaligus, Anda juga di anjurkanuntuk latihan lari sebentar waktu bangun tidur. Ketika badan capek sehabis berolahraga,kita akan kehausan sehingga 1,5 liter air itu dapat diminum semuanya.

Jika kita tetap merasa kesulitan dalam melakukan terapi air putih ini yang disebabkan karena terlalu banyaknya air yang mesti dikonsumsi, berikut adalah beberapa cara biar kita bisa minum air yang lumayan banyak tersebut setiap hari.
A. Biasakan minum sebelum melakukan suatu kegiatan penting dalam satu hari yang penuh dengan kegiatan. Misalnya setiap bangun tidur, sebelum keluar dari rumah, atau ketika kita baru pulang sewkolah atau kerja.
B. Jika kita bekerja kantoran, selalu sediakan air minum di atas meja kita. Kalau bisa taruh juga di tempat yang terjangkau. Biar tambah semangat minum, kita bisa mengganti gelas kantor dengan gelas kita sendiri yang bergambar lucu.
C. Kalau makan junk food, selalu minta air putih untuk minum, jangan soft drink. Kalau banyak minum air putih biasanya akan cepat kenyang sehingga kita sedikit saja memakan junk food.
D. Setiap habis buang air kecil, usahakan untuk minum segelas air. Jadi cairan tubuh yang terbuang tadi akan langsung terisi lagi.
E. Mau minum soda, boleh aja. Tapi , minimal kita harus minum dua sampai empat gelas air putih terlebih dahulu. Biasanya, setelah minum air putih, keinginan kita untuk minum soda akan berkurang.
F. Sebagaimana dikatakan Iwan Eka Nugraha bahwa metode pengobatan atau terapi ini tidak mempunyai efek samping. Tetapi, pada tahap-tahap awal pelaksanaan pengobatan ini kita mungkin akan sering buang air lebih sering. Mula-mula memang begitu, akan timbul gejela mencret dan kencing-kencing yang kadang bisa terjadi 3 kali dalam sejam. Tetapi, hal ini adalah sesuatu yang wajar. Setelah sampai 3-4 hari, gangguan-gangguan atau efek samping itu akan hilang. Memasuki hari 7-8, kita akan buang kencing hanya 1 kali sejam. Selanjutnya, sisanya akan berjalan lancar dan kita pun dapat lebih menikmati lezatnya makanan. Lanjutkan terapi ini dan jadikan prosedur ini sebagai rutinitas kerja dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam terapi air putih ini. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh mereka yang hendak menerapkan terapi air putih.
1. Orang yang diet air putih harus mengatur aktivitasnya, jangan sampai terlalu banyak melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga dan mengeluarkan banyak keringat.
2. Sebelum memilih diet air putih, kita harus berkonsultasi dengan dokter. Orang dengan penyakit jantung, diabetes dan penyakit tertentu lainnya tidak boleh melakukan diet  seperti ini.
3. Bila kita diet air putih lebih dari 1 minggu dan tidak dapat meninggalkan kegiatan rutin, maka kita harus menyertakan jus buah sebagai tambahan gizi.
4. Tidak disarankan untuk menggunakan air keran atau mineral. Untuk melakukan diet air putih, sebaiknya gunakan air suling yang memiliki sifat magnetis untuk meningkatkan proses detoksifikasi.
5. Sekitar 8-10 hari sebelum diet air putih, kita harus mulai makan banyak buah-buahan mentah dan sayuran, minum jus buah segar dan sayur jus. Hal ini akan membantu mempersiapkan tubuh untuk puasa dan detoksifikasi selama diet.
6. Ketika sedang diet air, kemungkinan kita mengalami pusing atau berkunang-kunang ketika tiba-tiba berdiri. Jadi, selalu hati-hati ketika akan berdiri, tarik napas dalam-dalam baru kemudian berdiri. Tarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan proses oksigenasi dan meningkatkan sirkulasi.
7. Hindari makanan berat (makanan kaya lemak), berminyak, dan makanan pedas. Demikian pula, kebiasaan makan secara berlebihan juga harus dihindari. Jika kita tidak mengubah kebiasaan makan setelah diet, kita cenderung mendapatkan berat badan yang cepat.

Air Putih Bukan Sekedar Pereda Haus | Air Putih untuk Penyakit Batu Ginjal

This entry was posted in Air untuk Terapi. Bookmark the permalink.