Pemicu Migrain

Apakah pemicu migrain itu?

Sebagian besar serangan migrain dipicu oleh daftar yang panjang dan beragam kejadian atau kondisi, misalnya, mengkonsumsi makanan tertentu, stres emosional, perubahan tidur, perjalanan atau melewatkan waktu makan. Perbedaan penting untuk memahami faktor pemicu tersebut bukanlah penyebab awal dari kondisi migrain, tapi lebih kepada mengaktifkan episode migrain pada seseorang yang sudah terkena migrain. Jika Anda telah didiagnosis dengan sakit kepala migrain, maka Anda berkecenderungan untuk mengalami sebuah episode migrain yang dapat dipicu oleh daftar yang panjang dari hal pemicu potensial.

Bagaimana pemicu ini dapat mengaktifkan migrain tidak diketahui dengan pasti. Salah satu teori adalah bahwa otak dari penderita migrain berada dalam kondisi konstan pada dasar neuronal excitation. Ketika suatu pemicu hadir, hal itu akan memicu runtuhan kimiawi.

Satu dari hal yang paling penting, yang dapat Anda lakukan dalam pengobatan migrain Anda yaitu mengidentifikasi pemicu migrain Anda, sehingga Anda dapat melengkapi diri dengan lebih baik untuk menghindari dan membantu mencegah serangan.

Pentingnya Mengidentifikasi Pemicu Migrain

Salah satu langkah penting yang dapat Anda ambil dalam mengurangi frekuensi migrain Anda yaitu mengidentifikasi pemicu migrain. Pemicu setiap orang berbeda, dan tiap orang memiliki rangkaian pemicu potensial masing-masing. Tugas Anda yaitu untuk mengidentifikasi rangkaian pemicu unik pada diri Anda. Dengan mempelajari apa saja pemicu episode migrain Anda, maka Anda kemudian dapat mengambil langkah untuk menghindari pemicu tersebut. Pada akhirnya, Anda dapat mengurangi frekuensi sakit kepala, yang dapat membuat hidup Andalebih mudah, rasa sakit dan stres yang berkurang. Dengan menyimpan catatan dari makanan, situasi emosi, aktivitas fisik, faktor lingkungan, kondisi cuaca, perubahan tidur dan pemicu lainnya, yang dapat membuat Anda terserang migrai, Anda dapat mulai melihat pola pemicu dan faktor yang membuat stres bagi diri Anda sendiri. Ada berbagai cara untuk mencatat kegiatan sehari-hari, makanan dan/atau faktor lingkungan yang memengaruhi sakit kepala. Salah satu langkah efektif yang dapat diambil yaitu untuk membuat sebuah buku harian sakit kepala.

Apakah Pemicu Migrain Selalu Menyebabkan Sakit Kepala Migrain?

Tidak semua pemicu yang Anda identifikasi sebagai masalah untuk Anda, akan selalu menyebabkan sakit kepala. Bagaimana Anda bereaksi terhadap satu jenis pemicu sangat tergantung dari tingkat stres Anda secara keseluruhan pada saat itu, ditambah dengan paparan yang bersamaan dengan pemicu lainnya. Contohnya, Anda mungkin mengetahui pemicu tertentu, seperti meminum segelas minuman anggur merah atau bepergian dengan pesawat akan mengaktifkan sakit kepala. Namun, ada saat-saat di mana Anda menikmati minuman anggur ketika sedang dalam penerbangan, dan tidak mengalami migrain sama sekali. Ini semuanya tergantung dari suasana hati, alasan perjalanan, apakah Anda beristirahat dengan cukup dan sebagainya. Migrain seringkali cenderung terjadi ketika serangkaian pemicu muncul secara bersamaan atau ketika Anda kebetulan sedang dalam kondisi rentan karena tingkat stres tinggi atau perubahan gaya hidup yang besar. Seringkali, hal itu merupakan kombinasi dari faktor emosi, makanan dan lingkungan yang menekan, sehingga membuat perubahan biokimia yang mengakibatkan terjadinya migrain.

Apakah Mencatat Kejadian Migrain Bisa Membantu? | Stres

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.