Pencegahan dan Penanggulangan Osteoartritis

Untuk mencegah osteoartritis, dapat dilakukan beberapa langkah, antara lain :

* menghindari setiap faktor resiko osteoartritis, seperti mencegah obesitas / kegemukan
* berdiri, berjalan, mengangkat barang harus pada posisi yang benar
* berhati-hati agar terhindar dari berbagai kecelakaan yang dapat mengakibatkan sendi rusak
* berolah raga harus dengan cara yang benar, sesuai petunjuk
* olah raga yang tepat (termasuk peregangan dan penguatan) sebetulnya dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang rawan, meningkatkan daya gerak sendi, dan kekuatan otot-otot di sekitarnya, sehingga otot dapat menyerap benturan dengan lebih baik.
* dianjurkan pula untuk menggunakan kursi dengan sandaran keras, kasur yang tidak terlalu lembek, dan tempat tidur yang dialas dengan papan.
* menjaga nutrisi agar selalu baik dan seimbang, agar pertumbuhan sendi dan tulang rawan sempurna dan normal
* menjaga berat badan agar ideal

Jika sudah terkena osteoartritis, perlu diperhatikan hal-hal seperti berikut, agar tidak berlanjut, yaitu terapi fisik. Yang paling sering dilakukan adalah dengan :

* pemanasan (dengan menggunakan krim balsem)
* untuk nyeri pada jari tangan, dianjurkan merendam tangan dalam campuran parafin panas dengan minyak mineral pada suhu 48-52 derajat celsius atau mandi dengan air hangat
* menekan bagian yang bengkak sambil memberi terapi pemanasan sederhana dengan minyak balsem sambil dengan hait-hati menekan lembut bagian yang kaku atau bengkak

Hubungan Kegemukan dengan Pencegahan Osteoartritis

Lutut / Kesehatan Lutut

Hal lain yang berhubungan dengan pencegahan osteoartritis adalah overweight / kegemukan dan aktivitas yang berdampak pada lutut. Ahli biomedical mengemukakan dampak dari rekreasional aktivitas fisik pada pengembangan osteoartritis lutut pada usia yang lebih tua, dibandingkan dengan berat badan sebagai berikut, exercise menengah telah menjadi komponen standar pada pemeliharaan orang-orang yang lebih tua dengan osteoartritis lutut, seperti aktivitas fisik (berjalan dapat memperbaiki fungsi dan menurunkan rasa nyeri). Tetapi penelitian lain menjelaskan bahwa dampak dari exercise menahun pada resiko perkembangan osteoartritis lutut khususnya pada orang-orang yang overweight / obesitas.

Penelitian-penelitian ekstensif dari para peneliti lainnya yang tertarik dengan hubungan antara diet, gaya hidup / lifestyle dan kesehatan, menunjukkan bahwa berjalan sebagai exercise tidak menambha resiko bagi perkembangan osteoartritis lutut. Exercise untuk waktu panjang, telah diketahui dengan baik. Gaya hidup dengan fisik aktif, senam cardiobascular / jantung, mereduksi depresi menengah dan menurunkan resiko sakit dan kematian. Namun studi lain menunjukkan bahwa exercise menengah sampai intensif yang dilakukan dalma waktu lama tidak melindungi dari perkembangan osteoartritis. Tapi di sisi lain, pada sebuah percobaan klinikal pada orang yang lebih tua dengan osteoartritis lutut di mana program exercise dalam waktu yang panjang, dilaporkan bahwa jarak sendi yang sempit – suatu tanda jelek dari osteoartritis – tidak berbeda dengan orang tua yang hanya duduk saja.

Hasil-hasil dari penelitian Felson ditambah dengan riset yang ada adalah dukungan yang meliputi aktivitas fisik menengah merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Exercise ini tidak akan membuat berkembangnya atau mengembangkan osteoartritis lutut.

Di sini ada dua peragaan exercise yang baik untuk kesehatan lutut :
1. Glute Bridge
2. Hip Stretch

Patogenesis Penyakit Osteoartritis

This entry was posted in Osteoartritis. Bookmark the permalink.