Pencegahan dan Pengobatan Reaksi Alergi Serius di Rumah

Beberapa langkah penting dapat melindungi pasien dengan alergi makanan serius dari timbulnya reaksi di masa depan. Langkah ini meliputi :

1. Singkirkan semua sumber makanan yang menimbulkan alergi pada pasien. Walau dalam jumlah sangat sedikit sekalipun, protein makanan tetap dapat menimbulkan reaksi berat pada sebagian orang. Yang lebih sulit adalah menghindari makanan yang sering kali terdapat pada makanan sebagai bahan yang tersembunyi, seperti kacang tanah. Oleh karena itu, bacalah selalu label makanan dengan cermat sebelum membeli makanan. Perusahaan disyaratkan untuk memberi label yang jelas pada berbagai produk mengandung produk makanan, walau dalam jumlah kecil sekalipun.

2. Berhati-hatilah saat makan di luar. Paling sering pajanan tidak disengaja terhadap alergi makanan terjadi ketika sedang makan di restoran atau di rumah teman. Ketika Anda makan di restoran, selalu periksa untuk memastikan makanan yang dipesan oleh pasien alergi tidak dimasak dalam panci, minyak, atau alat masak yang sama yang digunakan untuk menyiapkan makanan yang dapat menimbulkan alergi bagi pasien (yaitu kontaminasi silang). Katakan pada setiap orang yang menangani makanan untuk orang alergi yaitu pelayan di restoran dan pekerja kafetaria di sekolah, tentang alergi makanan. Jika manajer atau pemilik restoran tidak dapat menuruti permintaan Anda untuk persiapan makanan bebas alergen, Anda sebaiknya tidak makan di sana.

3. Jangan makan makanan yang tidak diketahui bahan-bahannya. Untuk anak dengan alergi makanan, sangat penting semua makan siang dan makanan ringan yang akan dibawa ke sekolah atau bepergian ke lain tempat dibuat di rumah.

4. Untuk anak, katakan kepada pengawas tempat penitipan anak atau kepala sekolah dan bekerjasamalah dengan teman-teman di sekolah dan keluarga untuk membuat rencana tindakan gawat darurat alergi makanan.

5. Kenakan gelang peringatan kesehatan untuk mengidentifikasi diri Anda sebagai orang yang mengidap alergi makanan yang dapat mengancam jiwa.

6. Epinefrin adalah satu-satunya pengobatan yang paling penting untuk anafilaksis yang dicetuskan makanan. Orang dengan riwayat reaksi sistemik terhadap makanan harus menyediakan epinefrin setiap waktu, di dalam tas atau dompet, rumah, unit kesehatan sekolah, dan mobil.

Suatu metode yang sangat nyaman untuk suntikan epinefrin adalan EpiPen Autoinjector. Dengan menekan alat suntikan yang sudah terisi epinefrin dengan benar di paha, sejumlah dosis epinefrin disuntikkan ke dalam otot. Tersedia EpiPen Jr (0,15 ml untuk anak dengan berat badan 15 sampai 30 kg) dan EpiPen (0,3 ml untuk pasien dengan berat badan lebih dari 30 kg). Alat lainnya yang tersedia di pasaran untuk suntikan epinefrin yaitu AnaPen, Ana-Kit, dan Twinject. Epinefrin harus diberikan segera ketika seseorang mulai terlihat mengalami reaksi sistemik alergi terhadap makanan. Jika orang mengetahui bahwa ia baru saja menyantap makanan yang sangat alergis bagi dirinya, ia harus menggunakan epinefrin pencegahan untuk menghindari reaksi yang lebih besar. Antihistamin oral tidak efektif dalam mengobati atau mencegah reaksi sistemik alergi terhadap makanan.

Alergi Makanan Penyebab Autisme dan Seliak | Alergi Sengatan Serangga

This entry was posted in Alergi. Bookmark the permalink.