Pencegahan Kanker Hati

Upaya Pencegahan Kanker Hati

Selama ini hampir semua orang sangat tergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index). Anggapan mereka, apabila pemeriksaan hasil indeks normal berarti semua OK; tidak ada masalah dengan hati. Padahal, sebenarnya tidak sesederhana itu persoalannya. Hasil indeks normal tersebut hendaknya segera dikroscek dengan hasil pemeriksaan organ tubuh lain. Alasannya, bisa jadi hati / liver memang baik-baik saja; tetapi siapa tahu dalam waktu yang tak terlalu lama akan terkena metastasis dari kanker di organ lain?

Harus diakui, kesalahpahaman dan ketergantungan pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Ketika kondisi liver seorang pasien dinyatakan baik, mereka acap kali alpa untuk menyarankan dilakukannya pemeriksaan organ lain yang terkait. Maka dapat dimaklumi ketika ada seorang penderita kanker hati stadium lanjut (yang hampir seluruh livernya rusak) “memprotes” dokternya; menyatakan ketidakpercayaannya sebab baru setahun sebelumnya cek liver / hati dan hasilnya normal. Bagaimana mungkin hanya dalam waktu 1 tahun yang relatif singkat dapat tumbuh kanker hati yang demikian besar? Secara logika memang tidak mungkin. Yang mungkin adalah : pada waktu diperiksa itu, livernya belum terkena metastasis kanker organ lain. Dengan kata lain, ia dan dokternya telah terkecoh.

Sungguh mengejutkan! Para dokter yang lazimnya memberikan pengetahuan yang benar kepada masyarakat umum, ternyata ada juga yang pengetahuannya kurang benar; bahkan menyesatkan masyarakat. Fakta inilah penyebab (alasan) terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan. Sebab terlambat dideteksi dini! Wajarlah jika kemudian banyak muncul kisah sedih hanya gara-gara hilangnya kesempatan mendeteksi kanker hati sejak dini. Jadi, langkah pencegahan kanker hati yang pertama adalah :

* Segera ke dokter spesialis liver dan spesialis lain yang terkait jika merasakan gejala-gejala yang mengarah ke kanker hati / liver, terutama kalau punya riwayat penyakit yang berpotensi menumbuhkan keganasan sel pada liver.
* Tidak hobi begadang setiap malam
* Disiplin melaksanakan pola hidup sehat
* Disiplin melakukan pola makan sehat
* Memilih gaya hidup yang menyehatkan
* Sedapat mungkin mengurangi kebiasaan makan gorengan meskipun gorengannya menggunakan minyak goreng terbaik semacam olive oil sekalipun.

Gejala Kanker Hati |

This entry was posted in Kanker Hati. Bookmark the permalink.