Pencegahan Kanker Paru-paru

Upaya Pencegahan Kanker Paru-paru

Cara utama dan terbaik untuk mengurangi resiko terkena kanker paru-paru adalah berhenti merokok. Orang yang telah berhenti merokok selama 10 tahun berarti telah berhasil menurunkan resikonya terkena kanker paru-paru sebesar 30 – 50%.

Sementara upaya pencegahan kanker paru-paru dapat dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh melalui pola hidup sehat (olah raga teratur, tidur cukup, hidup bebas stres, dan pola makan sehat).

Di samping itu, orang-orang yang termasuk golongan resiko tinggi (GRT) disarankan selalu waspada. Jika mempunyai keluhan napas seperti batuk, sesak napas, ataupun nyeri dada; hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis paru-paru. Faktanya rata-rata kasus stadium awal ditemukan tanpa sengaja, misalnya ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin lainnya. Adapun 25% dari penderita kanker paru-paru baru mengetahui gejala penyakitnya setelah mereka beberapa kali melakukan pemeriksaan sinar X di dada atau CT scan. (Jika terbukti ada kanker paru-paru maka akan tampak bulatan kecil seperti koin).

Gejala Kanker Paru-paru | Upaya Pengobatan Kanker Paru-paru

This entry was posted in Kanker Paru-paru. Bookmark the permalink.

Comments are closed.