Pengidap Lupus Hidup Normal

Pengidap lupus dapat hidup normal, asalkan dia menjaga diri terhadap hal-hal yang bisa membuat penyakitnya kambuh. Yang harus dilakukan adalah :

* Hindari stres.
* Menjaga agar tidak langsung terpapar sinar matahari.
* Kurangi beban kerja yang berlebihan, artinya jangan memaksa diri sehingga terlalu lelah.
* Hindari pemakaian obat-obat tertentu, tanya dokter tentang obat-obat tersebut. Kadang-kadang obat-obat jantung dapat menyebabkan timbulnya sindrom mirip lupus, yang akan menghilang bila pemakaian dihentikan. Ini yang disebut drug-induced lupus erythematosus (DIL).

Obat-obat penyakit lupus biasanya diminum seumur hidup. Waspadai masa remisi dimana gejala lupus menghilang dengan sendirinya. Jangan terkecoh, lantas mengira Anda sudah sembuh dari lupus, kemudian tidak lagi minum obat. Serangan lupus tetap bisa kembali.

Lupus memang sering disebut sebagai penyakit wanita, meskipun ada juga pria yang diserang lupus. Sebenarnya lupus bisa menyerang pria maupun wanita pada usia berapa pun, meskipun 10 – 15 kali lebihs ering ditemukan pada wanita. Kemungkinan faktor hormonal bisa menjelaskan mengapa penyakit lupus lebih sering menyerang wanita. Para peneliti mensinyalir adanya peningkatan gejala lupus pada masa sebelum menstruasi atau selama kehamilan. Ini mendukung keyakinan bahwa hormon – terutama estrogen – berperan dalam timbulnya penyakit ini. Namun penyebab yang pasti dari tingginya angka kejadian pada wanita pada masa pra-menstruasi, masih belum diketahui. Jadi, kesimpulan sementara, meningkatnya kadar hormon menyebabkan meningkatnya gejala lupus. Ini terjadi pada wanita dengan hipersensitivitas.

Perawatan untuk Pasien Lupus | Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

This entry was posted in Lupus. Bookmark the permalink.