Pengobatan Osteoporosis

Upaya Pengobatan Osteoporosis

Tujuan pengobatan osteoporosis adalah meningkatkan kepadatan tulang. Semua perempuan, terutama yang menderita osteoporosis, harus mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang mencukupi.

Perempuan pascamenopause yang menderita osteoporosis juga bisa mendapatkan estrogen (biasanya bersama dengan progesteron) atau alendronat, yang dapat memperlambat atau menghentikan penyakitnya. Sebelum terapi sulih estrogen dilakukan, biasanya dilakukan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan payudara dengan mammogram, pemeriksaan kandungan, serta PAP smear untuk mengetahui apakah ada kanker atau tidak. Terapi ini tidak dianjurkan bagi perempuan yang pernah mengalami kanker payudara dan kanker kandungan (endometrium). Efek samping terapi sulih hormon yang dapat timbul di antaranya adalah nyeri kepala, mual, kembung, tambha gemuk, dan depresi.

Adapun alendronat berfungsi untuk :

* Mengurangi kecepatan penghancuran tulang pada perempaun pascamenopause.
* Meningkatkan massa tulang di tulang belakang dan tulang panggul.
* Mengurangi angka kejadian patah tulang.

Supaya diserap dengan baik, alen dronat harus diminum dengan segelas air putih pada pagi hari dan dalam waktu 30 menit sesudahnya tidak boleh makan atau minum yang lain. Alendronat dapat mengiritasi lapisan saluran pencernaan bagian atas, sehingga setelah meminumnya, penderita tidak boleh berbaring, minimal selama 30 menit sesudahnya. Obat ini tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki gangguan sulit menelan atau menderita penyakit kerongkongan dan lambung tertentu.

Kalsitonin dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang menderita patah tulang belakang yang disertai nyeri. Obat ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan atau semprot hidung. Tambahan fluorida juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Namun tulang bisa mengalami kelainan dan menjadi rapuh, sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan.

Laki-laki yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan kalsium dan tambahan vitamin D, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak menyerap kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Jika kadar testosteron penderita rendah, dapat diberikan testosteron untuk meningkatkan kepadatan massa tulang.

Pengobatan Patah Tulang pada Osteoporosis

Patah tulang panggul biasanya diatasi dengan tindakan pembedahan. Patah tulang pergelangan biasanya digips atau diperbaiki dengan pembedahan. Jika terjadi penipisan tulang belakang disertai nyeri punggung yang hebat, dapat diberikan obat pereda nyeri, dipasangi supportive back brace, dan dilakukan terapi fisik dengan mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan air hangat atau dingin selama 10 – 20 menit.

Diagnosis Osteoporosis | Pencegahan Osteoporosis

This entry was posted in Osteoporosis. Bookmark the permalink.