Penyebab Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)

Apakah Penyebab Kanker Ovarium?

Penyebab kanker ovarium secara pasti, sampai sekarang belum diketahui. Namun, para peneliti berhasil mengidentifikasi sejumlah faktor pemicu yang dipercaya menjadi penyebab tumbuhnya kanker ovarium di jaringan epitel. Keakuratannya bisa mencapai 85 – 90%. Namun, akurasi ini kurang tepat jika digunakan utnuk kanker indung telur yang terjadi pada sel germinal dan sel stromal. Meskipun Anda memiliki faktor-faktor yang beresiko terkena kanker ini, Anda jangan buru-buru khawatir karena hanya sedikit faktor tersebut yang berkembang menjadi kanker.

Faktor-faktor penyebab kanker ovarium (kanker indung telur) antara lain :

* Usia

Mayoritas kanker ovarium (kanker indung telur) muncul setelah seorang wanita melewati masa menopause. Kanker ovarium biasanya menyerang wanita di atas usia 63 tahun.

* Sejarah reproduksi

Wanita beresiko tinggi mengidap kanker ovarium bila :
- Mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun
- Tidak memiliki anak
- Memiliki anak setelah usia 30 tahun
- Mengalami menopause setelah usia 50 tahun

Terdapat hubungan antara resiko menderita kanker ovarium dan jumlah siklus menstruasi yang dialami seorang wanita dalam hidupnya. Semakin banyak jumlah siklus menstruasi yang dilewatinya, semakin tinggi pula resiko seorang perempuan terkena kanker ovarium.

* Penggunaan obat penyubur kehamilan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat penyubur kehamilan clomiphene citrate dalam waktu lama meningkatkan kemungkinan timbulnya tumor ovarium, terlebih pemakaian obat tersebut tidak kunjung membuat seorang perempuan itu hamil. Jadi, bila Anda menggunakan obat penyubur kehamilan, diskusikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda. Sebab, kemandulan juga menjadi penyebab seorang perempuan rentan mengidap kanker ovarium.

* Sejarah keluarga terkena kanker

Wanita yang memiliki ibu, saudara perempuan, maupun anak perempuan yang menderita kanker ovarium meningkatkan resiko mengidap penyakit ini juga.

* Obesitas

Peningkatan resiko terkena kanker ovarium pada perempuan bertubuh gemuk atau yang malas bergerak. Penelitian juga menunjukkan jika perempuan gemuk yang menderita kanker indung telur jumlahnya semakin banyak.

Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur) | Identifikasi Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur)

This entry was posted in Kanker Ovarium. Bookmark the permalink.

Comments are closed.